Quality Time Bersama Keluarga di Hotel Zia Boutique di Akhir Minggu

Hotel Zia Boutique

Meluangkan waktu bersama anak-anak tidak harus dengan piknik dan pergi jauh. Apalagi kalau anak-anak masih di bawah tiga tahun, karena seyogyanya mereka hanya ingin bermain, terutama dengan orang tuanya. Anak saya, keduanya masih di bawah tiga tahun. Saya jarang membawa mereka pergi jauh, hanya di dalam kota saja, sekedar bermain ke mall, ke alun-alun atau sekedar jalan-jalan sore tak jauh dari rumah. Main ke pantai sesekali atau staycation di hotel bersama-sama.

Seperti minggu lalu saya menginap di Hotel Zia Boutique di Sungai Panas, Batam Center. Hotel dengan gedungnya yang berwarna-warni ini lokasinya berada di tengah jalur antar pusat kota Batam Center dan Nagoya sehingga menjadi pilihan karena akses mudah ke dua lokasi tersebut. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan karena saya berencana untuk membawa anak-anak jalan-jalan.

Menginap dengan anak-anak ini seperti pindah rumah. Mainan merupakan barang wajib yang harus dibawa, termasuk baju ganti anak-anak yang tidak sedikit. Anak-anak memerlukan space yang luas untuk aktifitas mereka. Beruntung, kamar di Hotel Zia Boutique cukup luas dan lega untuk mereka bermain dan berlarian.

Double bed dengan ukuran yang besar membuat anak saya yang kecil nyaman bermain di atasnya. Ketika waktunya tidur pun terasa cukup luas untuk kami berempat. Sehingga kualitas tidur pun terjaga untuk aktifitas esok harinya.

Klik foto untuk masuk ke galeri.

Salah satu nilai plus ketika saya menginap di Hotel Zia Boutique adalah akses internet berkecepatan tinggi. Aktifitas browsing, main Instagram hingga download film semua lancar tanpa kendala. Dan itu tersedia di segala penjuru hotel.

Pemandangan Kota Batam disuguhkan secara live langsung dari jendela kamar. Anak-anak saya suka mengintip dari jendela untuk sekedar melihat lalu-lalang kendaraan dan lampu malam Kota Batam. Misal ada balkon untuk bersantai sambil ngeteh atau ngopi, pasti lebih asik nih!

Pemandangan Kota Batam dari jendela kamar Hotel Zia Boutique
Suasana malam dari jendela kamar
Aysha ngintip dari jendela kamar
Nyaman bermain di atas kasur

Dekat dengan pusat kota Batam

Malam harinya, saya mengajak istri dan anak-anak saya untuk makan malam sekaligus jalan-jalan di Nagoya Hill. Tak butuh waktu lama untuk sampai di Nagoya Hill, hanya sekitar 5 menit berkendara dari hotel, kita sudah sampai di daerah Nagoya.

Menuju Batam Center pun setali tiga uang. Hanya 5 menit berkendara sudah sampai di pusat Batam Center, seperti Alun-alun Engku Putri, Mega Mall, Mesjid Raya Batam dan Terminal Ferry International Batam Center.

Pagi harinya, kami bangun lebih cepat dan menuju ke restoran untuk sarapan sekitar jam 7 pagi. Restoran terletak di samping lobi hotel. Nama restorannya adalah Hangry Poll. Restoran ini mempunyai akun Instagram @hangrypoll yang tergolong aktif di Instagram. Sering ada promo juga lho melalui akun Instagramnya!

Menu pagi itu adalah menu ala Nusantara. Asyiknya, ada nasi kuning sebagai alternatif nasi putih. Kebetulan banget nih, udah lama ngga makan nasi kuning. Anak saya yang sulung langsung sibuk nyari cake dan kue basah.

Suasana Hangry Poll

Restoran ini tertata apik dengan kolam dan air terjun bertingkat di tengah-tengah restoran. Suara gemericik air yang dihasilkan menjadi irama merdu tersendiri yang menemani acara sarapan pagi itu. Hangry Poll juga mempunyai teras dan angkringan yang terletak di depan hotel bagi yang ingin makan dengan suasana outdoor.

Tepat di samping bar, antara pintu keluar ke teras, terdapat sebuah mini stage yang pada malam hari akan menemani para tamu yang sedang makan malam dengan suguhan live music. Hangry Poll memang menjadi satu dengan hotel, namun restoran ini juga open for public, sehingga bagi yang sedang tidak menginap di hotel, bisa datang ke restoran untuk makan malam.

Usai bersantap pagi, sesuai rencana, kami pun pergi ke Alun-alun Engku Putri untuk sekedar refreshing pagi. Jalan yang lengang membuat perjalanan semakin cepat menuju ke alun-alun. Tak sampai 5 menit, kami sudah sampai di tempat. Kami memang jarang ke sini karena jarak rumah ke alun-alun cukup jauh.

Mumpung sedang menginap di Hotel Zia Boutique, saya tak melewatkan kesempatan untuk berjalan-jalan pagi ke alun-alun bersama anak-anak. Alun-alun Engku Putri di minggu pagi bermetamorfosis menjadi sebuah arena olahraga plus pasar kaget mingguan.

Bermain di Alun-alun Engku Putri

Di sepanjang jalan dari pintu selatan alun-alun menuju ke asrama haji akan dipenuhi oleh para pedagang. Barang yang dijajakan pun bermacam-macam dari makanan, sewa mainan, fashion, dan lain-lain. Terlihat juga beberapa anak-anak muda yang menawarkan produk mereka sendiri di stand yang dibuat semenarik mungkin.

Rayyan, anak saya yang paling besar sedang tertarik dengan mainan excavator yang dibuat secara kreatif dengan menggunakan hidrolik sederhana yang dirangkai dari beberapa alat suntik. Mainan ini terlihat sederhana namun mempunyai manfaat terhadap tumbuh kembang anak terutama di motorik kasar dan melatih konsentrasi.

Hemm.. malah menjadi inspirasi saya untuk membuat mainan untuk Rayyan!

Main excavator sederhana
Pose sebelum pulang

Liburan tak perlu lama-lama dan jauh, yang terpenting adalah nilai yang terkandung di dalamnya. Staycation singkat seperti ini menjadi kegiatan rutin saya bersama istri dan anak-anak. Menghabiskan quality time bersama dengan orang terkasih menjadi sebuah momen yang berharga dan mempererat keharmonisan sebuah keluarga.

Hotel Zia Boutique Batam

• Alamat: Komplek Inti Batam, No 109, Jl. Laksamana Bintan No.7, Sungai Panas, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29433