Mau Sehat? Coba Makan Bawang Putih Mentah Setiap Hari!

Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay
0

Siapa sih yang hari gini tidak kenal bawang putih? Bumbu yang satu ini wajib ada di rumah buat masak. Kalau saya sih, kalau pas makan kacang goreng, yang dicari ya bawang putih gorengnya hahaha. Krenyes-krenyes asik gitu deh. Tapi ternyata nih ya, selain buat menyedapkan masakan, manfaat bawang putih lainnya juga banyak lho, terutama untuk kesehatan. Apalagi kalau dimakan mentah, dikunyah gitu. What?

Bahkan, menurut salah satu artikel di Halodoc, sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang bergerak di bidang telekonsultasi kesehatan. yang didirikan pada tahun 2016 di Jakarta oleh Jonathan Sudharta mengatakan bahwa bawang putih diklaim dapat meringankan angin duduk. Untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal, bawang putih tersebut harus dikunyah. Hal tersebut karena bawang putih dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri.

Lalu, apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? Apakah sudah terbukti secara ilmiah? Buat kamu yang penasaran kaya saya nih, ini saya share yaa… Ada paling tidak 5 manfaat bawang putih bagi kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah studi mengatakan bahwa ketika kita mengkonsumsi bawah putih selama 12 pekan, dapat membantu meredakan gejala flu hingga 70 persen.
  2. Menurunkan tekanan darah. Salah satu penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences juga membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi 600-1.500 mg ekstrak bawang putih atau setara dengan empat siung bawang putih per hari, sama efektifnya dengan obat Atenolol dalam menurunkan tekanan darah selama 24 pekan.
  3. Menurunkan kolesterol. Lebih tepatnya adalah mencegah kolesterol tinggi. Dalam Journal of Postgraduate Medicine, menyebutkan bahwa makan bawang putih mentah sekitar 1-2 siung atau setara dengan 10 gram setiap hari selama 2 bulan berturut-turut dapat menurunkan kolesterol secara drastis.
  4. Menjaga kesehatan jantung. Selain menurunkan kolesterol seperti disebutkan sebelumnya, bawang putih juga dapat menjaga kesehatan jantung, karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.
  5. Mengobati jerawat. Berjerawat? Coba deh konsumsi bawang putih ini. Salah satu studi dari jurnal Angewandte Chemie mengatakan bahwa zat dalam bawang putih mempunyai sifat anti-bakteri yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Rata-rata manfaat bawang putih diatas dapat diperoleh dengan memakan bawang putih secara langsung atau dikunyah. Namun, tentu saja ada efek sampingnya. Karena tidak semua orang tahan dengan bawang putih to, bisa jadi mual, sampai muntah kalau dipaksakan.

Pertanyaannya adalah, kenapa harus mentah? Tidak bisakah manfaat bawang putih ini diperoleh dengan cara dimasak?

Read More Post
1 of 31

Ternyata, nutrisi dalam bawang putih lebih terjaga dan dapat dirasakan secara optimal ketika dikonsumsi dalam kondisi utuh dan segar. Ketika dimasak atau diolah, nutrisi penting dalam bawang putih dapat ikut hilang sehingga tidak maksimal.

Lalu, bagaimana dengan dosisnya?

Ternyata jawabannya adalah tidak ada dosis tertentu karena bawang putih ini lebih ke mencegah dan meringankan daripada mengobati. Namun dari beberapa artikel kesehatan disebutkan bahwa anjuran untuk mengkonsumsi bawang putih mentah adalah tidak lebih dari 1 siung per hari.  Lebih bagus lagi dikonsultasikan dengan dokter karena kondisi kesehatan tiap orang berbeda-beda.

Halodoc

Nah, untuk tanya-tanya dengan dokter, kamu bisa men-download aplikasi Halodoc. Selain menyediakan artikel kesehatan seperti yang saya bilang di awal paragraf, Halodoc juga menyediakan jasa konsultasi secara online dengan tanya jawab langsung dengan dokter berpengalaman. Tidak perlu keluar rumah apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Tak cuma dokter umum, berbagai dokter spesialis juga tersedia di Halodoc. Saya sendiri merasa terbantu dengan aplikasi Halodoc ini, karena bisa diakses kapan saja dimana saja selama masih ada smartphone di genggaman. Jangan lupa untuk download juga ya!

- Matched Content -

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More