12 Kebiasaan Blogger Sukses Yang Wajib Kita Tiru

24

Setiap orang yang terjun di dunia blogging, di hati kecilnya pasti ingin menjadi salah satu blogger yang terkenal dan populer. Setidaknya, pernah satu kali untuk berpikir dan bercita-cita seperti itu, termasuk saya. Menjadi populer dan dikenal di mana-mana baik sesama blogger ataupun dikenal secara luas bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan, bukan?

Namun, apakah kita pernah berpikir, hal-hal apa saja yang bisa membuat seorang blogger menjadi terkenal?

Kebiasaan Blogger Sukses

Kebiasaan Blogger Sukses - image by maxmanroe.com
Kebiasaan Blogger Sukses – image by maxmanroe.com

Kadangkala saya bertanya dengan suara yang ada di kepala saya. Kenapa ya, seorang blogger bisa mempunyai followers yang setia dan membuat mereka menjadi salah satu blogger populer dan menghasilkan uang?

Blogging bukan hanya sebuah media untuk mencari uang, tetapi lebih sebagai media untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Pernahkah terpikir, bagaimana seorang blogger ngetop bisa memperoleh pendapatan yang mungkin tak bisa kita bayangkan? Apa yang membuat mereka begitu unik dan berbeda dari sekian banyak blog di jagad maya?

Jawabannya adalah: HABIT. Kebiasaan.

Kebiasaan yang mereka pelihara-lah yang membuat mereka berbeda dan sukses dari sekian banyak blog di jagad blogosphere. Dari sedikit pengalaman pribadi dan mengamati beberapa blogger sukses, saya menyadari bahwa mereka memiliki sebuah kebiasaan-kebiasaan yang mengantarkan mereka menuju gerbang kesuksesan, yang saya sebut sebagai Kebiasaan Blogger Sukses

Bagaimana Menjadi Salah Satu Top Blogger?

First thing first, blogging tidak hanya tentang hard work atau smart work. Blogging adalah kombinasi antara keduanya dan ditambah dengan keunikan diri kita. Tidak menjadi masalah apakah kita sudah memulai blogging beberapa tahun yang lalu ataupun baru memulai dalam waktu dekat ini.

Kuncinya adalah, ketika kita memulainya dengan benar, menjadi “Top Blogger” bukanlah sesuatu yang berat. Satu hal umum yang menjadi kunci oleh kebanyakan blogger terkenal adalah, mereka selalu mengambil satu niche dan fokus hanya di situ.

Mereka tidak pernah lari dari satu niche ke niche lainnya dan selalu me-maintain kegiatan blogging mereka. Mereka bereksperimen, mencoba dan BERBAGI bersama pembaca mereka.

Jadi sekarang, inilah 12 kebiasaan blogger sukses yang wajib kita tiru.

1. Mempunyai Passion

Satu hal yang saya tulis di catatan sebelumnya tentang beberapa hal yang membuat blogger gagal di tengah jalan, saya berbicara tentang passion, atau melakukan sesuatu yang kita suka. Blogger ngetop, selalu passionate tentang apa yang mereka tulis, mereka suka dengan apa yang mereka tulis dan share. Kalau sudah begitu, penghasilan ‘hanya’ menjadi efek samping dari kegiatan tersebut.

Blogging dengan passion
Nice quote from blondish.net

Sama seperti penyanyi, berawal dari hanya suka bernyanyi, mereka lalu mengikuti passion mereka dengan belajar dan mencoba untuk bernyanyi secara professional. Dengan melakukan hal tersebut, dia akan menjadi terkenal dan mendapatkan uang, tetapi menjadi terkenal dan uang tentu bukanlah tujuan utama bila melakukan sesuatu dengan passion.

Sama dengan blogger ngetop yang sangat mencintai niche yang dia pilih. Semua statistik seperti monthly visit, page views, dan revenue / penghasilan merupakan sesuatu yang sekunder baginya. Tapi walaupun begitu, hal-hal tersebut bukan berarti semerta-merta menjadi tidak penting dan dilupakan.

Seorang blogger tetap harus menganggap statistic dan hal teknis lainnya sebagai sesuatu yang penting dalam dunia blogging.

2. Berpikir sebagai Pembaca

Ya! Setiap blogger ngetop selalu memposisikan dirinya sebagai pembaca. Mereka memikirkan apa yang akan dipikirkan oleh pengunjung setelah membaca sebuah artikel di blog mereka. Hal ini membantu para blogger untuk mengetahui apa yang pembaca inginkan dan harapkan dari mereka.

Sebelum membuat artikel, pastikan untuk menanyakan kepada diri kita sendiri pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut.

  • Kenapa seorang pengunjung membaca artikel saya?
  • Saya akan menulis untuk siapa? Pembaca dan pengunjung yang seperti apa?
  • Bagaimana seharusnya saya menulis untuk membantu mereka?
  • Apa yang bisa saya share ke mereka?
  • Dan lain sebagainya, spread your idea..

3. Menulis untuk Pembaca

Blogger ngetop selalu dan hanya menulis untuk pembaca setia mereka. Well, bukankah harusnya seperti itu?

Upss, jangan salah, di luar sana, banyak juga blogger yang menulis hanya untuk uang! Dan blogger tipe ini biasanya tidak akan eksis terlalu lama. Motto utama para blogger adalah untuk menulis, berbagi dan membantu para pembaca, tidak hanya untuk mencari uang.

Sekalipun misalnya mereka mendapatkan job review untuk mempromosikan sebuah resort terkenal, mereka akan tetap memberitahu pembaca mereka tentang setiap detail resort tersebut, kelebihan-kelebihan, fasilitas apa yang bisa dinikmati di resort tersebut, termasuk mungkin kekurangan-kekurangan yang ada, tetapi juga disebutkan untuk mengatasi (menutupi) kekurangan tersebut.

Itulah blogger!

Mungkin lebih tepatnya, itulah blogger yang akan eksis lebih lama, mempunyai ‘fans’ yang banyak, pengunjung dan pembaca yang loyal.

4. Menghargai dan Menghormati Pembaca

Bagaimana bentuk menghargai dan menghormati pembaca? Sebenarnya sangat simple, sederhana. Kebiasaan blogger sukses dan ngetop, mereka selalu merespon setiap komentar yang masuk ke blog mereka, apapun komentarnya.

Merespon disini bukan hanya sekedar meng-approve komentar lalu ditinggal begitu saja, tetapi juga membalas komentar tersebut. Berinteraksi dengan pengunjung dan membangun chemistry.

Meskipun pembaca menemukan kesalahan dan mengkritisi kita, kita tetap harus merespon dan bahkan mengucapkan terima kasih karena telah memberitahu kesalahan kita. Pengunjung telah meluangkan waktu untuk berpendapat dan mengingatkan, jadi sebagai blogger yang baik, kita harus merespon dengan tepat.

Seorang blogger selalu memperhatikan cara bagaimana membangun hubungan dengan pembaca dan pengunjung blog mereka.

Read More Post
1 of 32
Janet Evanovich Quote
Hormati dan hargai pembacamu. Menulislah untuk mereka – Janet Evanovich

5. Mengambil setiap kesempatan

Kesempatan tidak datang dua kali. Seorang blogger selalu mengambil setiap kesempatan yang ada. Contohnya sebagai berikut:

  • Selalu mempromosikan blog, baik melalui social media ataupun blogwalking dalam kesempatan apapun.
  • Memperhatikan kondisi sekitar, selalu update terhadap informasi, peka terhadap perubahan dan menjadi yang pertama menulis tentang suatu topik.
  • Memanfaatkan momen yang ada untuk membagikan sesuatu yang berguna bagi para pembaca.

Contoh:

Ada seorang blogger yang mempunyai sebuah blog bertemakan olahraga. Dia mengetahui kalau Piala Eropa akan berlangsung 6 bulan lagi. Nah, di situasi ini, dia akan segera mengambil kesempatan dan membuat planning untuk menyajikan sesuatu kepada para pembaca mereka dengan topic Piala Eropa.

Jadilah yang pertama dalam menyajikan informasi tentang Piala Eropa dan mengajak pembaca untuk larut dan terlibat di dalamnya, sehingga hubungan dengan pembaca akan semakin intens.

6. Rajin Membaca agar Selalu Up to Date!

Para blogger ngetop selalu update dendan mencari pengetahuan dan informasi terbaru, terutama untuk niche blog yang mereka pegang. Nah, untuk menjadi seorang blogger professional dan ngetop, kita juga harus meniru kebiasaan mereka dong. Bagaimana caranya? Rajinlah membaca. Jadikanlah membaca  suatu kegiatan yang rutin dan akhirnya menjadi sebuah habit atau kebiasaan.

Tentu saja tidak hanya dengan membaca sebuah buku atau ebook, tapi gunakanlah social media seperti Twitter, Facebook dan Google+ sebagai media informasi dan menyampaikan pendapat. Setelah membaca, sampaikanlah pendapatmu.

Lihatlah bagaimana seorang blogger-blogger ngetop menggunakan social media mereka dan berinteraksi dengan follower mereka.

7. Networking

Semua blogger terkenal pasti mempunyai networking yang bagus, baik itu dengan sesama blogger ataupun dengan pihak lain. Mereka melakukannya dengan cara sebagai berikut.

  • Blogwalking dan saling komentar di blog-blog lain.
  • Tukar link dengan sesama blogger
  • Saling follow social media
  • Menulis ‘Guest Post’ di blog lain yang terdapat fitur tersebut.
  • Bergabung dengan komunitas blogger, komunitas menulis dan sejenisnya.

Networking ini sangat kuat pengaruhnya

Contoh sederhana dan tak jauh-jauh amat adalah saya sendiri. Saya bukan seorang blogger ngetop, masih jauh dari itu. Tetapi sejak bergabung dengan komunitas Blogger Kepri yang ternyata di dalamnya terdapat blogger-blogger ngetop Indonesia, sedikit demi sedikit racun mereka mulai merasuki saya.

Berada di sekeliling blogger-blogger kece ini membuat diri saya semakin terpacu dan termotivasi untuk meraih cita-cita lama saya menjadi seorang blogger professional yang sempat terhenti karena lack of motivation dan larut dalam kehidupan duniawi (bekerja oom, bukan yang lain-lain – AW).

Segala arus informasi bisa saya serap untuk pengembangan diri, segala sharing di komunitas menambah pengetahuan akan dunia blogging dan dunia tulis menulis.

8. Kejujuran

Kejujuran adalah kebiasaan blogger sukses
Kejujuran – image by www.mathemagica.in

Kejujuran adalah salah satu nilai yang paling mulia di hidup ini. Apapun yang dimulai dengan kejujuran pasti berakhir dengan baik, walaupun ujian juga tak segan-segan untuk datang.

Nah, seorang blogger harus jujur di semua aspek, seperti yang telah menjadi kebiasaan blogger sukses, contohnya seperti ini:

  • Tidak mengambil keuntungan dari sesuatu yang tidak mereka tulis sendiri. Walaupun hanya sekedar memuat quote dari blogger lain, seorang blogger yang baik tidak akan lupa mencantumkan dari mana sumber quote Saling menghargai dan kejujuran antar blogger sangatlah penting.
  • Blogger yang baik, tidak akan sungkan membagi kelemahan dan kegagalan mereka kepada pembaca mereka, termasuk seorang blogger terkenal sekalipun.
  • Seorang blogger tidak memberikan atau membagikan sesuatu yang palsu. Misalnya: menuliskan pengalaman mengunjungi suatu tempat yang bahkan mereka belum pernah ke sana. Seorang blogger, hanya menuliskan apa yang sudah mereka ketahui dan sudah mereka coba untuk dibagikan kepada pembaca.

9. Mudahkanlah Pembaca untuk Berinteraksi

Coba perhatikan, sorang blogger ngetop pasti akan selalu ada untuk pengunjung mereka. Seorang blogger harus memperhatikan halaman “Contact Us” di blog mereka. Selain itu, blogger ngetop selalu memberikan link ke account social media mereka, baik itu di sidebar, footer atau di topbar, sehingga pengunjung tidak akan kesulitan untuk menghubungi mereka.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah waktu dalam merespon setiap komentar dan inquiry. Kecepatan waktu dalam merespon sebuah pesan menjadi penting bagi seorang blogger.

10. Selalu Belajar

Seperti yang saya tulis di item no 6 untuk selalu up to date dan mencari informasi, seorang blogger juga harus belajar untuk setiap aspek blogging. Kenapa harus seperti itu? Jawabnya sederhana saja.

Dunia blogging ini adalah dunia yang selalu berubah dan selalu update. Bila kita berhenti belajar, itu artinya kita juga berhenti berkembang dan akan tertinggal.

11. Style Menulis Yang Unik

Setiap blogger mempunyai gaya tulisan masing-masing dan selalu menggunakannya setiap saat dia menulis. Tak hanya di blog mereka, tetapi juga di social media ataupun dengan berkomentar di blog lain.

Style menulis berkaitan dengan image dan branding yang kita bangun. Kalau kita sudah memiliki image dan branding, artinya kita sudah memiliki identitas di dunia maya dan tinggal menunggu waktu saja untuk menjadi terkenal.

12. Konsisten

Dari 11 point di atas, saya selipkan satu point paling penting! Konsisten dalam melakukan sesuatu adalah hal yang sangat penting. Tak hanya dalam dunia blogging, sikap konsisten membuat kita berhasil dalam berbagai bidang.

Yup! Saya rasa sekian saja tulisan saya kali ini yang berdasarkan dari pengamatan pribadi dan menuangkannya dalam sebuah tulisan yang lumayan panjang ini. Semoga bermanfaat, guys!

- Matched Content -

You might also like
24 Comments
  1. April Hamsa says

    Bagus tulisannya. Moga bisa terus update blogku utk berbagi. Saya jg masih meraba2 soal gaya menulis supaya punya ciri khas.

    1. Akut Wibowo says

      Blog mb April sangat menarik lho. Ijin BW 😀

  2. batamevent says

    sangat bagus sekali nih mas…bisa di jadikan panduan kedepannya.. he he
    terima kasih ya

    1. Akut Wibowo says

      Sama sama mas, saling berbagi dan memotivasi 🙂

  3. sarah eyie says

    No 4… gimana bisa cepat membalas komentar pembaca..sementara notification komentar yg masuk di blog saya aja gak ada….pas giliran buka2 blog sendiri, eeh baru keliatan ada yg kasi komentar beberapa hari yg lalu ?
    No. 11, selalu pengen punya ciri khas gaya menulis, pengennya bahasanya melayu gitu..tapi khawatir orang tak faham pula..xixixi..
    akhirnya tetap pada pilihan no 10..selalu belajar, bw cari info sebanyak mungkin, dan melihat tulisan orang lain..baik dari cara penyampaian maupun eyd nya..

    1. Akut Wibowo says

      Lha itu perlu dibenerin tuh mb Sarah. Coba direview lagi settingnya. Sayang juga missed komentar lho.

      Saya tiap hari, ada atau ga ada komentar tetep login ke semua blog yang saya punya. Ntah ngapa ngapain, ada aja yang dikerjain 😀

      1. sarah eyie says

        sudah dikotak atik…sampai saya lelah sendiri…tetap aja kadang ada notif, kadang sepi sepi ajah…
        kalo blog yang saya buat pake WP selalu ada notif, cuma gak sanggup nulis 2 blog sekaligus…pengennya fokus 1 tapi konsisten….hhhhaaa disini kadang saya merasa letih…wkwkwkw curcol

        1. Akut Wibowo says

          Saya pikir pake WP, ternyata blogger ya!
          Kalo blogger saya kurang ngerti juga karena belum pernah pake.

          Iya bagusnya 1 tapi konsisten, saya juga blog cuma 1 ini tapi domain lain ada setidaknya 4 aktif domain yang harus diurus..
          Hihihi *ikutcurcol*

  4. Dian Radiata says

    Tulisan yang menarik mas (y)
    Nomer 11, sampe sekarang saya masih nyari niih 😀

    1. Akut Wibowo says

      Padahal mb Dee dah bertahun-tahun lhoo..
      Apalagi saya yang baru seumur jagung 😀

  5. hairulachsan says

    11, 12 agak sulit tuh yah. tulisan bagus tapi g punya ciri khas or punya tulisan bagus tapi waktu posting g tentu. ^_^

    1. Akut Wibowo says

      Ciri khas nantinya akan terbentuk dengan sendirinya jikalau kita konsisten menulis mas.
      Memang point 11 dan 12 akan berkaitan satu sama lain 🙂

  6. ahmadisultan says

    Nomor 9 belum saya lakukan. Bukan karena tak mau, tapi belum tau caranya :(((

    1. Akut Wibowo says

      Pake WP kan bang? Kalo pake WP malah mudah bang, apalagi kalo dah install Jetpack.

  7. Roy Vandi Tambunan says

    Nice Article

    1. Akut Wibowo says

      Makasih bang Roy, artikel sahamnya bikin mumet bang.
      Keriting saya bacanya sampe berkali kali baru (agak) paham.

      Ditunggu kulWA nya yak!

  8. Arni says

    Wow cakep ini tulisannya

    Saya tertarik sana point 8, ini kadang jadi dilema ketika menerima Job review terutama berupa placement, tentang tempat wisata atau apapun itu yang kita bahkan belum pernah kesana, gak jujur dong ya
    Begitu juga kalau ada lomba dari brand tertentu (biasanya HP, mobil dll) lha piye belum pernah ngerasain lalu sibuk memuji fitur2nya

    #dilema

    1. Akut Wibowo says

      Bener mb Arni, berasa dilema.
      Tapi menurut saya kalo content placement yang ditulis oleh yang ngasih job saya rasa tidak terlalu masalah.

      Yang bisa kita lakukan ya crosscheck dengan cara browsing, sehingga informasi yang kita publish setidaknya akurat dan tally dengan sumber sumber yang lain.

      Content placement pertama saya adalah tentang Parapat yang saya sama sekali belum pernah ke sana. Berbekal dari content yang diberikan ke saya, saya mulai riset tentang Parapat dan mengajukan sedikit revisi. Dan di sana saya tidak menggunakan sudut pandang orang pertama 🙂

  9. Chai_loekman says

    Nice article…

    1. Akut Wibowo says

      Terima kasih mas Chai 🙂

  10. omnduut says

    Suka banget sama poin no.4. sebagian orang nggak menganggap itu penting, tapi menurutku penting banget. Sama halnya dgn BW walaupun yang satu ini butuh effort lebih dan lebih tapi harus dilakukan :))

    1. Akut Wibowo says

      Iya om, agree..
      Terkadang hal ini seakan diabaikan. Padahal termasuk sesuatu yang penting.

      Pembaca sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kita, dan memberikan “effort” lebih dengan berkomentar di blog kita.

      Dan akan lebih baik kita sebagai author menghargai pembaca dengan memberikan respon 🙂

  11. Yasanto Lase says

    Wow …. keren mas !!! Lanjut

    1. Akut Wibowo says

      Terima kasih pak Santo Lase 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More