Waspadai Gejala Pusing Hebat, Mual, dan Berkeringat!

Image by Lukas Bieri from Pixabay
0

Pusing menjadi gejala awal yang kerap dirasakan pada setiap orang sebelum jatuh sakit. Pusing menandakan bahwa jantung tidak mampu memompa darah hingga mencapai otak. Pusing seringkali dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal dari gejala pusing, bisa jadi terdapat suatu penyakit yang mengendap dalam tubuh. Salah satunya yaitu penyakit vertigo.

Vertigo merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya merasakan pusing yang hebat seakan berputar hingga tidak sadarkan diri. Untuk info lebih lanjut mengenai penyakit vertigo, periksalah ke dokter atau dapat juga dengan mengunjungi Gue Sehat.  Membedakan rasa pusing biasa dan vertigo juga penting dilakukan untuk penanganan awal. Cara membedakannya dapat dilihat dari gejala lain yang dirasakan. Berikut gejala vertigo dan cara mengatasinya.

Mual dan Muntah

Penderita vertigo biasanya mengalami mual dan muntah lantaran tidak kuat menahan pusing yang dideritanya. Pusing yang membuat penderita seakan berputar memang kerap membuat penderita munta-muntah. Untuk mengatasinya minumlah segelas jahe hangat. Jahe hangat mampu menghilangkan rasa mual. Dapat juga dengan minuman yang sedikit asam.

Berkeringat dan Anggota Tubuh Terasa Lemah

Read More Post
1 of 26

Karena pusing yang hebat, penderita vertigo akan merasakan tekanan yang tinggi dan merasa tubuhnya sangat berat sehingga ia akan merasa lemah dan berkeringat hingga dapat membasahi baju. Jika mengalami gejala seperti ini, penderita vertigo dianjurkan untuk tidur terlentang dengan posisi kepala yang tinggi dari pada kaki. Memijat halus kepala penderita juga dapat sedikit meringankan pusing yang dirasakan. Tapi jangan sampai menekan kepalanya terlalu kuat.

Hilangnya Kesadaran dan Pergerakan Bola Mata yang Tidak Normal atau Nistagmus

Hilangnya kesadaran pada penderita vertigo merupakan suatu kondisi yang perlu diwaspadai. Beberapa penderita vertigo yang tidak mampu menahan, biasanya jatuh pingsan. Untuk mengatasi gejala seperti ini, jika penderita vertigo mulai mengingau dengan bola mata yang bergerak tidak normal, sebaiknya bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Bola mata
Bola mata

Untuk itu disarankan bagi penderita vertigo apabila sudah merasakan sedikit gejala awalnya sebaiknya segera panggil rekan terdekat untuk menemati apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

- Matched Content -

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More