Indikasi Penyakit Saat Nyeri Haid

Gambar oleh S. Hermann & F. Richter dari Pixabay
0

Bila masa haid datang, pastinya Anda lebih memilih untuk membaringkan badan di ranjang. Hal ini dilakukan karena rasa nyeri haid yang melanda. Dengan rehat sejenak dari aktivitas Anda, diharapkan dapat berangsur pulih. Namun jangan anggap remeh rasa nyeri tersebut, karena terdapat penyakit berbahaya mengincar Anda. Penyakit tersebut adalah sebagai berikut.

Kenali Penyakit Berbahaya saat Nyeri

Perlu Anda ingat bahwa jangan pernah anggap remeh rasa nyeri saat haid. Anda harus waspada dengan penyakit berbahaya yang dapat menyerang rahim Anda. Penyakit berbahaya tersebut antara lain.

1. Dismenore Sekunder

Penyakit dismenore sekunder dapat dialami oleh wanita berusia 20 hingga 40 tahun. Biasanya penderita akan mengalami rasa nyeri sebelum memasuki masa haid. Kemudian rasa nyeri tersebut akan berlangsung hingga selesai masa haid. Kemungkinan penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi seksual yang menular, kista ovarium, mioma, atau penggunaan spiral.

Oleh sebab itu Anda harus melakukan periksa ke dokter untuk mengetahui lebih jelasnya. Penyakit dismenore sekunder tidak dapat disembuhkan dengan beberapa cara mengatasi kram perut saat haid. Bahkan penyakit ini tidak cukup hanya di cek menggunakan USG saja, harus di cek di laboratorium.

Read More Post
1 of 30

2. Fibroid

Penyakit fibroid dapat membuat Anda mengalami pendarahan terus menerus atau berlebihan. Bahkan Anda dapat mengganti pembalut hingga 4 kali setiap dua jam. Pendarahan ini dapat berlangsung hingga beberapa minggu. Kondisi ini dapat dikatakan bila terdapat tumor jinak yang tumbuh di saluran kemih Anda. Biasanya penyakit ini terjadi pada wanita usia 35 hingga 40 tahun.

3. Radang Panggul

Image: Milius007, via Pixabay
Image: Milius007, via Pixabay

Penyakit radang panggul biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang diikuti dengan demam berkepanjangan. Biasanya ketika Anda buang air kecil, akan terasa nyeri. Bahkan air kencing Anda dapat berubah menjadi warna hijau. Dengan begitu, anda harus segera cek ke dokter. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengalami penyakit chlamydia yang sangat berbahaya.

Bagi Anda yang memasuki masa menstruasi, jangan pernah remehkan rasa nyeri dan kram yang melAnda Anda. Waspada penyebab nyeri haid hari pertama yang berkepanjangan. Bila merasakan pendarahan yang terus menerus, segera cek ke dokter.

- Matched Content -

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More