Planning Budget Trip Malaysia 3 Hari 3 Malam Untuk Satu Keluarga

Plus mampir Singapore di hari terakhir!

Photo by Pixabay
0

Satu minggu lagi, saya dan keluarga akan melakukan perjalanan atau trip Malaysia 3 hari 3 malam, plus mampir di Singapura di hari keempat, untuk berkunjung di SEA Aquarium. Saya belum pernah ke Malaysia seorang diri. Sebelumnya, saya ikut bersama dengan rombongan tour.  Waktu itu saya membawa group tamu dari Batam, jadi semuanya sudah diatur sedemikian rupa.

Traveling adalah aktifitas yang bisa dibilang tidak murah. Banyak jenis pengeluaran yang harus kita pikirkan, seperti transportasi, akomodasi, konsumsi dan atraksi. Dua yang saya sebutkan pertama bisa jadi merupakan pengeluaran terbesar dalam traveling. Namun, seiring majunya teknologi, kini kita semakin dimudahkan untuk mengatur budget perjalanan.

Hampir semua informasi sekarang tersedia di internet, termasuk informasi tentang transportasi dan akomodasi yang mencakup harga, lokasi dan review. Informasi inilah yang akan membantu kita menentukan budget perjalanan. Bagian mana yang bisa dioptimasi budgetnya, atau bagian mana yang akan dimaksimalkan.

Trip Malaysia 3 Hari 3 Malam

Beberapa minggu terakhir ini saya telah memantau semua informasi sebagai referensi untuk trip Malaysia 3 hari 3 malam plus Singapore yang akan saya lakukan. Mulai dari bagaimana menuju ke Kuala Lumpur, tujuan utama saya, hingga informasi atraksi dan hotel, lalu bagaimana menuju ke destinasi wisata.

Untungnya di Malaysia ini serba mudah. Transportasi dan akomodasi bisa dipesan secara online. Dan hingga artikel ini dipublish, hampir semua transportasi dan akomodasi sudah saya booking. Yang tersisa hanya transportasi lokal, atraksi, dan konsumsi. Sepertinya nanti untuk urusan transportasi lokal saya pilih naik Grab saja biar lebih nyaman karena bersama anak-anak. Kalau kami berdua saja, kalau cuma beberapa kilometer bagus jalan kaki, hahaha. Seperti jalan-jalan ke Kampong Glam dan Masjid Sultan dulu itu.

Budget Transportasi ke Malaysia

Saya berangkat dari Batam, jadi moda transportasi yang saya gunakan adalah ferry dan bus. Keduanya sudah saya booking dari berangkat sampai kembali ke Batam.

Budget Transportasi ke Malaysia Mayang Sari Bus
Mayang Sari Bus. Photo by Easybook.

Saya menggunakan ferry Ocean Dragon untuk menuju ke Stulang Laut dan Majestic Ferry untuk kembali ke Batam dari Singapore.

Untuk bus, saya booking dari Easybook, atas rekomendasi dari teman.

Saya berkali-kali googling pun sering muncul aplikasi dan website ini. Beberapa kali baca reviewnya pun sepertinya ok, dan pembayarannya banyak pilihan, dari bank lokal juga ada.

Dan inilah budget yang sudah saya keluarkan untuk transportasi dari Batam ke Malaysia untuk 4 orang (2 dewasa dan 2 anak).

No Tujuan Jenis Penyedia Jasa Subtotal
1 Batam – Stulang Laut Ferry Ocean Dragon Rp 760.000
2 Larkin – TBS, Kuala Lumpur Bus (Mayang Sari) Easybook Rp 467.943
3 Putrajaya – Larkin Bus (Nice) Easybook Rp 565.725
4 Singapore – Batam Ferry Majestic Ferry Rp 740.000
Total Rp 2.533.668

Harga tiket untuk anak-anak sekalipun balita tetap dihitung 1 orang dewasa. Kecuali untuk bus Mayang Sari, harga anak-anak agak lebih murah 20 ribu dari harga dewasa. Lumayan juga sih. Hehe.

Budget ini nanti masih bertambah dengan ongkos transportasi lain seperti Grab, bus ke Genting, tiket cable car dan lain-lain yang masih bisa dikira-kira dan diatur pengeluarannya secara live atau on the spot. Untuk Singapore, mungkin kami akan menggunakan MRT atau bus, masih ada sisa saldo di kartu EZLink.

Paling tidak, rute transportasi utama sudah aman di tangan! Dan sudah dibayar…

Budget Akomodasi ke Malaysia

Read More Post
1 of 9

Selanjutnya adalah mengatur budget akomodasi selama trip Malaysia 3 hari 3 malam plus Singapore di hari terakhir.

Budget Akomodasi ke Malaysia The Plaza Hotel
The Plaza Hotel. Sumber foto: tertera di watermark.

Saya berencana untuk 2 malam di Kuala Lumpur dan 1 malam di Johor Bahru sebelum menyeberang ke Singapore melalui jalur darat. Yaah, daripada menginap di Singapore kan mahal to? Apalagi kamar keluarga, kan?

Untuk masalah hotel, kami memilih yang cukup nyaman untuk keluarga. Kamipun memilih Plaza Grand Hotel di Kuala Lumpur. Sedangkan di Johor Bahru, karena rencananya hanya akan transit, kami memilih Baguss Hotel and Serviced Apartment. Costnya sebagai berikut.

No Hotel Durasi Subtotal
1 Plaza Grand Hotel 2 malam Rp 904.432
2 Baguss Hotel and Serviced Apartment 1 malam Rp 233.777
Total Rp 1.138.209

Enaknya kalau sudah terbooking semua ini, kita tinggal planning untuk destinasi yang akan dikunjungi dan menentukan rute. Biasanya kalau pergi berdua saja, saya dan istri akan lebih memilih untuk berjalan kaki, apalagi kalau destinasi baru.

Berhubung perjalanan kali ini bersama dengan anak-anak dan ini juga perjalanan jauh mereka yang pertama, kemungkinan kami akan lebih banyak menggunakan Grab.

Booking Atraksi dan Internet

Selesai urusan transportasi dan akomodasi untuk trip Malaysia 3 hari 3 malam plus Singapore, sekarang urusan hiburan, hehe. Salah satu tujuan kami adalah SEA Aquarium Singapore di Sentosa Island yang merupakan destinasi terakhir kami sepulang dari trip ke Malaysia.

SEA Aquarium Singapore
SEA Aquarium Singapore. Foto: Resort World Sentosa.

Untuk SEA Aquarium Singapore, saya dapat harga Rp 253.575 untuk dewasa dan Rp 163.013 untuk anak-anak. Jadi totalnya adalah Rp 833.176.

Untuk urusan internet, saya menggunakan jasa sewa wifi unlimited untuk Asia Tenggara. Lumayan banyak kalau googling tuh. Saya memilih yang ada jangkauan layanannya di Batam dan paketnya cukup murah, dengan 60 ribu per hari, internet unlimited dengan FUP 3GB per hari selama di Asia Tenggara.

Sebenernya ada yang lebih murah cuma tidak ada representative di Batam. Dan untungnya ada promo 15% sewaktu saya order. Hehehe.

Jadi totalnya adalah sebagai berikut untuk atraksi dan internet.

No Hotel Durasi Subtotal
1 SEA Aquarium 1 hari Rp 833.176
2 Sewa Wifi 4 hari Rp 204.000
Total Rp 1.037.176

Kesimpulan

Secara keseluruhan, biaya total untuk trip Malaysia 3 hari 3 malam plus Singapore di hari terakhir adalah sebesar Rp 4.709.053. Biaya tersebut sudah mengcover seluruh perjalanan pergi dan pulang dari Batam sampai ke Batam lagi dan menginap di hotel selama 3 malam, plus SEA Aquarium.

Nah, nanti total biaya trip Malaysia 3 hari 3 malam akan saya update sepulang dari sana yaa! Biar bisa jadi referensi temen-temen yang kebetulan sedang membaca artikel ini.

- Matched Content -

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More