Mendadak Sakit? Ini Dia Cara Mencari Lokasi Dokter Terdekat dari Lokasi Anda

Mendadak Sakit? Ini Dia Cara Mencari Lokasi Dokter Terdekat dari Lokasi Anda. Gambar oleh Yerson Retamal dari Pixabay.
0

Siapa saja pasti tak ingin jatuh sakit dan bahkan selalu melakukan cara-cara untuk menjaga kesehatan. Berolahraga setiap hari, mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang hingga mengkonsumsi suplemen. Namun tak ada orang yang tahu kapan Anda ditakdirkan menjadi sakit baik karena penyakit, ataupun cedera yang sifatnya mendadak. Saat sakit mendadak muncul, tentu yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menemui dokter atau fasilitas kesehatan untuk melakukan perawatan dan konsultasi. Namun bagaimana jika saat sakit datang, Anda tidak berada di rumah sehingga tidak mengetahui lokasi dokter terdekat yang bisa membantu?

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, Anda tak perlu khawatir tidak bisa menemukan dokter atau fasilitas kesehatan terdekat dari lokasi Anda dimanapun itu. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui lokasi mana yang harus dituju sesuai dengan kondisi sakit yang diderita:

1. Google map

Dengan memiliki aplikasi Google map di smartphone, Anda bisa menemukan tempat praktek dokter atau rumah sakit dan puskesmas terdekat. Selain itu Anda juga bisa langsung memiliki panduan mengenai jalan mana yang bisa diakses untuk dapat sampai ke tempat tersebut dengan lebih cepat. 

2. Aplikasi kesehatan

Sekarang ini sudah banyak aplikasi kesehatan yang dapat membantu Anda untuk menemukan dokter atau rumah sakit terdekat asalkan Anda mengetahui di kota mana Anda berada saat itu. Dengan aplikasi kesehatan, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran pasien secara online atau mengatur jadwal temu misalnya ingin berkonsultasi keesokan harinya. 

3. Mesin pencari

Read More Post
1 of 33

Tak memiliki aplikasi yang spesifik? Anda tetap bisa mengandalkan mesin pencari biasa untuk menemukan tempat praktek dokter atau rumah sakit yang ada di sekitar atau di kota tersebut.

4. Layanan darurat

Setiap kota atau provinsi memiliki layanan darurat yang bisa Anda gunakan untuk mencari bantuan medis ataupun kejahatan. Anda dapat menelpon nomor tersebut dan mengatakan kesulitan medis yang dihadapi saat ini. Layanan darurat bisa juga mengirimkan ambulance ke lokasi jika kondisi Anda tidak memungkinkan untuk bisa datang sendiri ke rumah sakit.

Nomor Tunggal Darurat Jakarta
Nomor Tunggal Darurat Jakarta

5. Bertanya pada penduduk lokal

Tidak memiliki smartphone atau telepon? Cara tradisional yang bisa Anda lakukan adalah langsung meminta bantuan kepada penduduk lokal agar memberikan informasi mengenai tempat dokter atau rumah sakit yang bisa dikunjungi secepatnya.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat menemukan tempat layanan kesehatan terdekat jika saat itu Anda tidak berada di rumah. Selain bertindak dengan cepat mencari bantuan kesehatan, Anda juga bisa membantu diri sendiri jika terjadi masalah kesehatan yang mendadak dengan cara mempersiapkan obat-obatan atau first aid kit di mobil dan di tas yang selalu dibawa. Dengan begitu, jika Anda menderita sakit yang sering kambuh secara mendadak, Anda sudah bisa menanganinya sendiri sembari menunggu bantuan medis datang seperti pada kasus serangan asma, serangan jantung dan sebagainya.

Melakukan pemeriksaan di layanan kesehatan yang baru, Anda juga harus menjelaskan riwayat kesehatan secara lebih detail agar tenaga kesehatan mengetahui dengan jelas riwayat penyakit yang sudah ada termasuk obat apa yang biasa Anda konsumsi. Namun jika Anda mengalami sakit di rumah, akan lebih baik untuk memiliki kontak dokter terdekat yang dapat memeriksa secara langsung di rumah sehingga Anda tidak perlu datang sendiri apalagi jika kondisi tidak memungkinkan.

- Matched Content -

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More