12 Cara Jualan Online Tanpa Modal untuk Pemula

Image by Pixabay
0

Saat ini adalah eranya berjualan secara online, berbagai cara jualan online bisa dilakukan untuk memulai bisnis. Seperti berjualan lewat marketplace, media sosial, membuat website bisnis sendiri serta berbagai cara lainnya.

Mungkin bagi kamu yang masih pemula dalam berbisnis masih bingung harus memulai dari mana untuk berjualan online. Minimnya modal terkadang menjadi hambatan serta tantangan sendiri dalam berbisnis, namun dengan jualan online hal tersebut bukanlah hambatan yang berarti.  Berikut ini akan dijelaskan berbagai tips cara bisnis online agar sukses bahkan bagi kamu yang tidak memiliki modal, yuk simak caranya berikut ini:

  1. Mencari Peluang Usaha

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari peluang usaha. Kamu bisa menemukan peluang usaha dengan melakukan riset pasar dan melihat kemampuan sendiri. Usaha seperti apa yang cocok dengan potensi yang kamu miliki serta tren saat ini.

  1. Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Setelah kamu menemukan peluang usaha yang tepat dengan kondisimu, cara jualan online selanjutnya adalah menentukan produk. Pastikan produk yang ingin kamu jual telah dipahami dengan baik.

Meskipun belum memiliki pengetahuan mengenai produk tersebut, kamu tidak perlu takut. Kamu bisa mempelajarinya dengan melakukan berbagai riset melalui buku, internet atau terjun langsung ke lapangan.

  1. Membuat Bisnis Plan

Bisnis plan atau rencana bisnis penting untuk dilakukaan saat kamu memulai bisnis. Cara bisnis online ini harus kamu lakukan, karena kamu akan menjabarkan segala hal tentang bisnis kamu.

Dalam bisni plan kamu harus menentukan nama tokomu, menentukan produk yang dijual, harga jual, target pasar, hingga perhitungan modal dan berapa lama modal akan kembali.

Membuat Bisnis Plan
Membuat Bisnis Plan. Image: Pixabay.
  1. Mencari Supplier

Cara jualan online selanjutnya adalah mencari supplier. Hal ini penting karena nantinya akan menjadi penentu harga jual serta hal penting lainnya dalam bisnis online kamu. Ketika menentukan supplier pertimbangkanlah lokasinya, harga yang ditawarkan, ketersediaan stok, serta kelancaran komunikasi yang baik dengan supplier.

  1. Menentukan Harga Jual

Setelah kamu menemukan supplier yang tepat, selanjutnya adalah menentukan harga produk yang akan dijual. Tentunya hal ini didasari dari harga material atau produk yang diambil dari supplier sebelumnya.

Ketika menentukan harga produk, pertimbangkan juga biaya operasional yang dibutuhkan serta harga pasaran produk. Jangan sampai harga yang kamu berikan terlalu jauh berbeda dengan harga di pasaran. Pastikan kamu telah melakukan riset harga pasaran dari produk yang akan dijual dengan kualitas yang sama atau serupa.

  1. Menggunakan Sistem Dropship

Bagi kamu yang tidak memiliki modal usaha, maka cara jualan online secara dropship ini bisa menjadi solusi. Sistem dropship ini memungkinkan kamu menjual produk hanya dengan memasarkannya lewat toko online milikmu, kemudian supplier yang akan menyediakan barang dan mengirimnya kepada pelanggan. Hal itu tentunya akan memangkas biaya operasional untuk mendatangkan barang, packing serta hal lainnya.

Kamu dapat mencari supplier yang menawarkan sistem dropship. Saat ini banyak berbagai bisnis online yang menawarkan sistem dropship, seperti produk fashion, kecantikan hingga makanan serta banyak lagi.

Read More Post
1 of 6
  1. Menggunakan Sistem Pre-Order

Cara jualan online lainnya untuk kamu yang kesulitan dengan modal yaitu bisa menggunakan sistem pre-order. Cara ini memungkinkan kamu untuk memesan produk dari supplier sesuai dengan pesanan yang masuk saja sehingga tak perlu menyetok barang dan keluar modal lebih sedikit.

Kamu bisa meminta pelanggan untuk memberikan uang DP sebagai jaminan agar pelanggan tidak membatalkan pesanan. Uang DP ini bisa kamu gunakan sebagai tambahan modal.

  1. Melakukan Promosi

Hal ini tentunya merupakan cara jualan online yang harus kamu lakukan agar bisnismu cepat berkembang. Kamu sangat perlu mempromosikan produk yang dijual agar dikenal banyak orang, terutama ditengah persaingan bisnis online saat ini.

Kamu bisa melakukan promosi dengan berbagi cara misalnya, membuat iklan di marketplace dan media sosial seperti Instagram Ads dan Facebook Ads, melakukan endorsement atau kerjasama dengan para Influencer dan artis.

  1. Menggunakan Website Sendiri

Memiliki website khusus untuk bisnismu akan membuat pelanggan menilai bahwa bisnis online milikmu professional dan kredibel.  Selain itu kamu juga dapat memperluas jangkauan konsumen dengan adanya website.

Buatlah website yang keren dan cepat diakses agar pelanggan semakin merasa dimudahkan saat berbelanja. Kamu bisa membuat website di TokoTalk yang akan menyediakan website praktis yang dilengkapi fitur-fitur canggih. Membuat website di TokoTalk hanya memerlukan waktu 3 menit dan tentunya secara Gratis! Kamu akan mendapatkan website yang keren dan dapat diandalkan oleh pelangganmu. Dengan website ini tentunya bisnismu akan semakin berkembang.

  1. Evaluasi Strategi Jualan

Setelah kamu menjalankan bisnis online jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi penjualanmu. Kamu harus mengecek apakah performa penjuaan cukup baik dengan strategi yang telah dilakukan. Apabila performa penjualanmu belum cukup baik, maka gantilah strategi penjualan dengan cara lain. Gali lagi cara bisnis online mana yang harus kamu maksimalkan untuk meningkatkan penjualan.

Strategi

Melakukan evaluasi juga dapat mengecek apakah kamu telah melakukan bisnis dengan efektif dan efesien. Kamu dapat menghilangkan elemen yang dirasa kurang efektif atau bahkan menimbulkan pemborosan.

  1. Ikut Komunitas Bisnis

Setiap bisnis pasti memiliki tantangan masing-masing. Kamu perlu sering mendengar berbagai cerita pengalaman dari berbagai pelaku bisnis online lainnya agar bisa belajar dari pengalaman mereka. Kamu bisa mengikuti komunitas bisnis untuk saling bertukar cerita dan pendapat atau bahkan bisa memperluas relasi bisnismu.

  1. Manfaatkan IG Shopping

Media sosial Instagram memiliki fitur IG Shopping yang sangat baik untuk bisnis online. Mengaktifkan fitur IG Shopping dapat meningkatkan penjualan karena fitur ini memudahkan pelanggan untuk mempelajari produk, memberikan kemudahan berbelanja serta dapat dengan mudah berinteraksi.

Kamu bisa mengaktifkan IG Shopping dengan layanan Solusi Instagram Shopping TokoTalk (SIST). Layanan SIST adalah layanan untuk membantu penjual online mengaktifkan Instagram Shopping dengan mudah.

Kamu bisa mendaftarkan layanan ini di TokoTalk, selanjutnya tinggal menunggu antrean untuk dilayani. Kamu bisa menaikan nomer antrean pendaftaran agar lebih cepat dilayani dengan mengajak teman sesama penjual online lainnya untuk mendaftar layanan SIST. Tenang saja, layanan SIST ini Gratis kok!

Semoga tips di atas dapat membantu kamu dalam memulai bisnis online. Jangan lupa untuk tetap tekun dan rajin untuk memperdalam ilmu bisnis online agar bisnismu terus berkembang. Selamat mencoba!

- Matched Content -

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More