Tips Memilih Asuransi Bagi Kamu yang Masih Awam

Foto oleh Nattanan Kanchanaprat (Pixabay)
0

Tidak semua orang mengerti asuransi, tentang apa dan bagaimana cara kerjanya. Dan bagi sebagian orang tersebut menjadi ragu untuk memiliki asuransi, padahal asuransi bisa jadi bermanfaat bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, jangan takut untuk memulai, pahami dari sekarang dengan membaca tips memilih asuransi berikut ini.

Kenali Produk Asuransi

Sebelum mengambil suatu produk, baiknya kita mengenal dulu produk tersebut, mulai dari jenisnya, apa yang ditawarkan, terms and condition dan sebagainya. Untuk asuransi, kita bisa belajar terlebih dahulu tentang produk-produk asuransi, diantaranya adalah:

  1. Asuransi jiwa yang memiliki beberapa jenis, seperti asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa unit link dan asuransi dwi guna
  2. Asuransi kesehatan
  3. Asuransi kendaraan
  4. Asuransi kepemilikan rumah dan properti
  5. Asuransi pendidikan
  6. Asuransi bisnis
  7. Asuransi umum

Tips memilih asuransi yang pertama adalah, setelah kita mengetahui produk-produk asuransi, kita bisa mempelajari lebih detail tentang asuransi yang ingin kita miliki. Karena sesuai dengan namanya, masing-masing asuransi memiliki manfaat yang berbeda pula.

Yang paling umum dimiliki adalah asuransi jiwa dan kesehatan. Bahkan asuransi kesehatan pun sekarang sudah diwajibkan oleh pemerintah melalui programnya. Namun terkadang itu belum cukup karena ada batasan-batasan tertentu, jadi baiknya, asuransi tambahan akan sangat membantu.

Sesuaikan Premi dengan Kondisi Keuangan

Setelah menemukan asuransi yang cocok dan sudah dipelajari dengan seksama sesuai dengan kebutuhan, saatnya untuk tips memiliki asuransi yang kedua yaitu, mempelajari tentang premi atau iuran yang harus dibayar setiap bulannya ke agen asuransi.

Besarannya akan sangat bervariasi tergantung dengan paket asuransi yang dipilih. Makin lengkap paketnya, akan semakin besar juga manfaat yang akan diberikan.

Read More Post
1 of 30

Namun, baiknya ambil paket yang sesuai dengan kemampuan kita sehingga nantinya tidak memberatkan dalam membayar premi atau iuran bulanan. Sesuaikan dengan kondisi keuangan atau finansial.

Bandingkan Setiap Agen

Saat ini banyak sekali agen jasa asuransi di Indonesia dengan berbagai macam produknya. Masing-masing memiliki program dan kelebihan. Ini bisa menjadi satu keuntungan untuk kita sebagai konsumen karena kita akan diberi banyak pilihan.

Setelah kita yakin dengan produk asuransi yang akan kita ambil dan siap untuk membayar premi atau iuran per bulannya, saatnya untuk membandingkan produk asuransi yang kita pilih dari setiap agen asuransi. Bandingkan produk yang mereka tawarkan, kita ambil mana yang lebih banyak memberi manfaat atau mana yang memberi premi yang terjangkau dengan fasilitas yang mumpuni.

ZurichSelanjutnya yang tak kalah penting adalah untuk memeriksa track record perusahaan atau agen asuransi tersebut. Baiknya memilih asuransi yang sudah berpengalaman dibidangnya dan memiliki track record yang jelas.

Contohnya adalah Zurich, sebuah perusahaan asuransi yang berkantor pusat di Zurich, Swiss dan telah berdiri sejak tahun 1872.

Tatap Muka

Tips memilih asuransi berikutnya adalah dengan datang langsung ke kantor asuransi dan bertatap muka secara langsung dengan agen asuransi. Jangan sekali-kali menerima penawaran asuransi melalui telepon karena seringkali informasi yang disampaikan tidak jelas, dan kita juga tidak memahami apa yang ditawarkan secara rinci.

Dengan datang langsung bertatap muka, akan terjadi komunikasi dua arah yang bisa membuat kita semakin mengerti dan mantap untuk memilih sebuah produk asuransi.

- Matched Content -

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More