Fitur Baru MIUI 8 di Xiaomi Redmi 2 4G (Official Developer ROM)

MIUI 8
2

Setelah sekian lama saya menggunakan custom ROM untuk Redmi 2 kesayangan, akhirnya saya beralih lagi ke official ROM dari Xiaomi. Kemarin iseng-iseng main ke MIUI official forum dan ternyata, MIUI 8 udah rilis untuk developer ROM-nya, sedangkan untuk yang versi stabil dijadwalkan pada tanggal 16 Agustus 2016. Dan setelah dicek, MIUI 8 ini katanya berbasis Android Marshmallow 6.0. Nah, lumayan banget tuh, setelah lama mentok di Kitkat 4.4.4, akhirnya Xiaomi rilis ROM terbarunya yang berbasis Android 6.0.

Berhubung sudah bosan dengan custom ROM yang kadang-kadang gak stabil dan sekarang sudah jarang ada update, akhirnya saya ikutan download untuk nyobain MIUI 8. Khusus untuk Redmi 2, download link-nya di sini. Masih developer ROM ya, yang stabil belum rilis, bentar lagi. Dan ingat, pilih yang Global dan pilih versi Redmi 2 yang benar, Redmi 2 4G atau Redmi 2 Prime. Link yang saya kasih di atas adalah untuk Redmi 2 4G.

Ada dua cara untuk install MIUI 8, yaitu melalui fastboot dan recovery. Untuk link download yang saya kasih di atas adalah untuk install melalui recovery. Untuk list yang lebih lengkap bisa intip di official thread. Cara installnya boleh googling deh, banyak tutorialnya.

First Impression setelah install

Ternyata lumayan banyak juga perubahan yang dialami MIUI 8, terutama di tampilannya. Tapi saya agak kecewa begitu melihat versi Android yang ada di menu Setting. Ternyata saya menemukan bahwa versi Android yang digunakan masih Kitkat 4.4.4. Huh, kirain udah beneran Marshmallow, PHP nih.

Android 4.4.4
Android 4.4.4

Tapi setelah saya cek lagi di forum, memang untuk device tertentu, termasuk Redmi 2, masih berbasis Kitkat 4.4.4. Ada di FAQ di official threadnya. Otomatis fitur baru MIUI 8 seperti Second Space dan Dual Apps, yang membuat saya tertarik untuk download MIUI 8. Tapi ya sudahlah. Sudah terlanjur.

Ini adalah quote yang saya dapat dari forum.

Q: I do not see “Second Space” and “Dual apps” settings on my device?
A:Due to the limitation of hardware platform, devices running MIUI 8 based on Android 4.4 (Redmi 1S, Redmi 2, Redmi Note 3G, Redmi Note 4G) don’t support ‘Second space’ and ‘Dual apps’ for now.

Aduh, gimana sih ini Xiaomi. Developer lain aja udah bisa bikin custom ROM pake Marshmallow 6.0.1. Ini udah update, masih aja stay di Kitkat 4.4.4. Aduh.. Aduh.. Merasa dianaktirikan. Pengennya beli Mi 5, kantong masih bolong….

Penasaran tentang fitur baru MIUI 8? Simak ulasan saya nih, yang udah coba. Kecuali “Second Space” and “Dual apps” yang memang ga ada di Redmi 2, tapi tetap saya cantumin di sini.

Fitur baru MIUI 8

1. Second Space

Fitur ini seperti setting user pada Windows. Ada administrator dan user biasa. Nah, setiap user akan mempunyai settingan dan tampilan yang berbeda. Sama juga dengan Android system versi 5.0 ke atas yang memperkenalkan fitur “Users” yang bisa membuat account lain dalam 1 smartphone. Tapi, pertanyaannya, apakah sama dengan “Second Space” yang ditawarkan MIUI 8?

Di Android system, kita bisa membuat account dan mengkustomisasinya dengan theme, fonts, background dan wallpaper yang berbeda. Tetapi, semua account masih bisa mengakses semua aplikasi, data dan foto, yang artinya tidak ada security dan privacy. Masing-masing user masih bisa melihat data satu sama lain.

“Second Space” di MIUI 8 ROM sangat berbeda, hampir seperti memiliki smartphone baru pada smartphone yang sama (bingung kan, hahaha). Di Second Space, kita bisa login dengan MI account yang berbeda, Google account, atau account apapun, yang berbeda dengan “Space” lain. Semua totally beda, termasuk foto dan data tidak bisa diakses di masing-masing “Space”. Sumber: http://en.miui.com/thread-300718-1-1.html

Fitur baru MIUI 8 yang sangat berguna, tapi sayang belum support di Redmi 2, jadi saya belum bisa merasakannya secara langsung.

Second Space - Fitur Baru MIUI 8
Second Space – Fitur Baru MIUI 8

2. Cloned Apps

2 account dalam 1 smartphone! Mungkin hampir sama dengan aplikasi Parallel Space. Saya belum coba, jadi ngga tau secara detail. Fitur ini bekerja dengan cara kloning, akan ada 2 aplikasi yang sama yang dapat digunakan untuk 2 account berbeda. Satu account akan mempunyai tag kuning sebagai pertanda kalo itu adalah aplikasi kloningan.

Perbedaan yang pasti dengan Parallel Space atau aplikasi sejenis lainnya adalah, Cloned Apps dari Xiaomi bebas dari iklan dan pastinya lebih stabil.

Read More Post
1 of 4
Cloned Apps - Fitur Baru MIUI 8
Cloned Apps – Fitur Baru MIUI 8

3. Long Screenshot

Nah, ini dia salah satu fitur baru MIUI 8 yang bisa saya nikmati di Redmi 2 saya, Long Screenshot. Fitur ini memungkinkan untuk mengambil screenshot sepanjang yang kita inginkan dalam 1 kali tekan. Mantap nih.

Untuk mengambil long screenshot, pertama-tama, ambil screenshot seperti biasa. Setelah itu, tap hasil screenshot yang floating di pojok kanan atas, selanjutnya tap “Scroll” yang ada tepat di bawah hasil screenshot. Hasilnya seperti ini.

Long Screenshot - Fitur Baru MIUI 8
Long Screenshot – Fitur Baru MIUI 8

4. Battery saver

Sebelumnya memang sudah ada battery saver di MIUI 7 ataupun sebelumnya. Tapi yang satu ini diklaim lebih advance dari versi sebelumnya. Xiaomi mengklaim bahwa battery saver mereka lali ini lebih improve dari versi sebelumnya dalam hal apps usage dan battery life.

Dan ini adalah menu baru di MIUI 8 – MIUIBattery saver yang ter-setting secara default.

Battery Saver, Fitur Baru MIUI 8 yang disempurnakan
Battery Saver, Fitur Baru MIUI 8 yang disempurnakan

5. Quick Ball (aka Touch Assistant – iPhone)

Namanya imut, Quick Ball. Fitur baru di MIUI 8 ini sama dengan Touch Assistant punya iPhone. Fungsinya tentu sama, quick shortcut system seperti Home, Back, Menu, Screenshot, ddl. Atau juga bisa disetting untuk membuat shortcut aplikasi.

6. Gallery dan Image Editor

Satu yang saya notice di sini adalah image editor yang berbeda dan lebih powerful dari MIUI 7, sedangkan gallery hampir sama, Cuma berbeda di pengelompokan foto. Nah, screenshotnya seperti di bawah ini.

Image Editor - Fitur Baru MIUI 8
Image Editor – Fitur Baru MIUI 8

7. Tampilan Dialer, Incoming dan Outgoing Call

Tampilan incoming dan outgoing call lebih simpel dan bagus, semua icon juga didesain ulang. Animasi juga ditambahkan pada waktu mengangkat dan menutup telepon. Menu cepat bisa diakses langsung dari dialer. Untuk blokir nomor juga bisa langsung dilakukan di tempat yang sama.

Dialer - Fitur Baru MIUI 8
Dialer – Fitur Baru MIUI 8

8. Aplikasi kalkulator lebih lengkap

Aplikasi kalkulator sekarang lebih lengkap. Tidak hanya menghitung dasar matematika, sekarang aplikasi kalkulator di MIUI 8 sudah dilengkapi dengan berbagai converter, seperti currency, length, temperature dan lain-lain.

Calculator dengan berbagai macam converter
Calculator dengan berbagai macam converter

So far, untuk update-nya lebih memuaskan. Sayang, untuk Redmi 2 masih berbasis Kitkat, sehingga fitur-fitur baru yang ditawarkan pun seakan tak maksimal. Tapi, untuk device yang lain, selamat ya! Sudah bisa menikmati Android M dari Xiaomi!

- Matched Content -

You might also like
2 Comments
  1. Desi says

    Sinyal 4G nya hilang gak gan?

    1. Akut Wibowo says

      Ngga kok, aman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More