Cara Gampang Supaya Artikel Cepat Terindex di Google dan Bing

Search Console
0

Tampil di mesin pencari adalah suatu keharusan bagi blogger. Karena sumber traffic terbanyak dan paling bagus adalah dari mesin pencari. Apalagi jika bisa bertengger di halaman pertama mesin pencari, bisa jadi kebanjiran pengunjung. Lalu, bagaimana caranya supaya artikel cepat terindex di Google dan Bing, mesin pencari paling digunakan saat ini?

Terindex, maksudnya adalah berada di dalam list mesin pencari. Begitu user memasukkan kata kunci di mesin pencari, selanjutnya mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian. Apabila artikel sudah terindex di mesin pencari dan cocok dengan query yang dimasukkan user, maka artikel akan ditampilkan di halaman hasil pencarian.

Banyak juga di antara blogger yang hanya diam dan menunggu artikelnya muncul di mesin pencari, setelah membuat halaman atau artikel baru. Butuh waktu lebih lama untuk tampil di mesin pencari apabila hanya menunggu. Padahal, ada cara supaya artikel cepat terindex di Google dan Bing.

Ada beberapa cara yang bisa saya bagi supaya artikel cepat terindex di Google dan Bing. Lakukan semuanya sekaligus lebih bagus. Dan jadikan rutinitas setiap kali ada artikel baru yang akan di-publish.

Gunakan Fasilitas Ping dari WordPress

Ketika kita mem-publish, mengedit atau memodifikasi sebuah postingan, WordPress akan melakukan ping ke semua Ping Service yang sudah di-list di WordPress setting. Dengan ini, Ping Service akan mendapatkan notifikasi tentang postingan baru dan mesin pencari akan segera melakukan indexing ke artikel baru tersebut.

Sekarang ini, secara default, WordPress sudah menambahkan Ping Services dalam settingannya, tapi kita dapat menambahkan Ping Service secara manual untuk hasil lebih maksimal. Berikut ini adalah Ping Service yang saya gunakan.

Update ping service supaya artikel cepat terindex di google dan bing
Update ping service supaya artikel cepat terindex di google dan bing

Untuk menambahkan Ping Service, masuk ke halaman Setting > Writing. Lalu tinggal copy dan paste list di atas.

Manfaatkan Search Console agar artikel cepat terindex di Google

Sudah punya akun Google Search Console dong, ya kan? Kalau belum, daftar dulu ya. Ada dua fitur yang bisa kita manfaatkan supaya artikel cepat terindex di Google, yaitu dengan menggunakan tools Submit URL dan Fetch as Google.

Submit URL Tools

Caranya gampang banget. Setiap kali publish post baru, buka link ini dan masukkan link artikel yang baru saja dibuat. Ini untuk memberitahu google bahwa blog kita baru saja mempunyai artikel baru yang telah di-publish.

Read More Post
1 of 9
Submit URL supaya artikel cepat terindex di google dan bing
Submit URL supaya artikel cepat terindex di google dan bing

Fetch as Google Tools

Login ke Google Search Console dan pilih blog kamu. Selanjutnya, klik Crawl > Fetch as Google. Setelah itu, masukkan URL artikel dan klik Fetch.

Gunakan fetch as google supaya artikel cepat terindex di google
Gunakan fetch as google supaya artikel cepat terindex di google

Tunggu beberapa saat sampai notifikasi sukses sudah muncul. Selanjutnya, klik Submit to index.

Submit to Index
Submit to Index

Di sini akan ada 2 pilihan, yaitu “Crawl only this url” dan “Crawl this URL and its direct links”. Bedanya adalah sebagai berikut.

  • Crawl only this url: pilih ini jika yang di-publish adalah artikel baru atau baru saja di-update, dan tidak ada perubahan besar di blog.
  • Crawl this URL and its direct links: pilih ini jika blog telah berubah secara signifikan. Google akan menggunakan URL ini sebagai starting point dalam meng-index

Selanjutnya tinggal klik GO dan nanti akan ada notifikasi bahwa sudah selesai atau completed.

Submit Method
Submit Method

Memanfaatkan Bing Webmaster Tools

Login kea kun Bing Webmaster Tools kamu, atau langsung saja klik link ini. Pilih blog kamu, lalu klik Configure my site > Submit URL. Selanjutnya tinggal masukkan URL artikel kamu yang ingin diupdate di kolom yang sudah disediakan.

Submit artikel ke Bing
Submit artikel ke Bing

Fitur ini hanya dibatasi sebanyak 50 kali tiap bulan dan limit 10 kali per hari.

- Matched Content -

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More