Dual Apps dan Second Space, Fitur Utama MIUI 8 (2)

Dual Apps MIUI 8
1

Setelah membahas semua fitur terbaru MIUI 8 dan secara spesifik membahas tentang Second Space, kali ini saya akan membuat review tentang fitur MIUI 8 terbaru, yaitu Dual Apps. Sesuai dengan namanya, Dual Apps adalah fitur terbaru MIUI 8 yang memungkinkan kita untuk mempunyai 2 aplikasi yang sama dan berjalan di waktu yang sama juga, dengan account yang berbeda.

Istilah lainnya adalah Cloned Apps, atau cloning aplikasi. Hampir semua aplikasi bisa dibuat kloningannya dengan Dual Apps. Contoh populer adalah Facebook, WhatsApp dan Clash of Clans. Tidak semua orang memerlukan banyak account dalam 1 handphone. Tapi fitur ini bisa saja membantu seller online shop yang mempunyai beberapa contact, atau gamer yang memiliki beberapa account dan ingin memainkannya secara bergantian di device yang sama.

Setting Dual Apps

Untuk mengaktifkan menikmati fitur ini pun mudah saja. Tidak perlu melakukan aktivasi atau setup khusus seperti Second Space. Tinggal masuk saja melalui menu Setting > Dual Apps. Selanjutnya akan terlihat aplikasi apa saja yang sudah support untuk Dual Apps. Untuk mengaktifkannya, tinggal mengklik tombol toggle ke posisi ON, contohnya adalah di aplikasi Facebook di bawah ini.

Dual Apps Setting
Cara Setting
Read More Post
1 of 4

Setelah toggle ON, aplikasi kloningan akan muncul di Home Screen dengan tanda titik kuning di iconnya. Contohnya seperti di bawah ini. Selanjutnya adalah melakukan setting seperti biasa, seperti ketika aplikasi baru diinstal.

Contoh implementasi Cloned Apps
Contoh implementasi Cloned Apps

Bagaimana cara uninstall aplikasi kloningan?

Ada 2 cara untuk melakukan uninstall aplikasi kloningan. Pertama adalah dengan masuk ke menu Setting > Dual Apps dan toggle OFF di aplikasi yang ingin di-uninstall. Selanjutnya aplikasi akan ter-uninstall dan hilang dari Home Screen.

Cara kedua adalah dengan metode uninstall seperti biasa di handphone Xiaomi, yaitu dengan cara tekan dan tahan icon aplikasi yang akan di-uninstall di Home Screen dan drag ke tong sampah yang akan muncul di layar bagian atas. Selanjutnya aplikasi akan ter-uninstall.

Catatan: fitur ini tersedia hanya di Main Space.

- Matched Content -

You might also like
1 Comment
  1. Download Winbox says

    Terima kasih infonya, saya jadi tahu cara uninstall aplikasi kloningan,

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More