Brainstorming, Bertukar Ide dan Pengalaman dengan Blogger Singapura

Bertemu dengan Shihan, Blogger Singapura
3

Bertemu dengan sesama blogger memang menyenangkan. Kita bisa saling bertukar pengalaman, bercerita tentang segala hal dan juga brainstorming untuk mendapatkan ide-ide baru, baik itu ide tulisan atau ide karya positif lainnya. Seru! Itulah satu kata yang bisa saya katakan untuk merangkumnya. Cukup satu kata saja untuk mewakili sederetan kata-kata lainnya.

Seperti tadi malam ketika saya dan istri bertemu dengan blogger Singapura bernama Shihan. Kami memang sudah lama berkomunikasi melalui dunia maya dan telepon. Pada awalnya, Shihan menghubungi melalui enjoybatam.com untuk menawarkan sebuah job pembuatan artikel tentang Batam untuk sebuah proyek portal pariwisata Singapura, yang belakangan saya tahu proyek ini berdana besar, sangat terencara, terstruktur dan serius.

Blogger Singapura ini kebagian jatah untuk membangun traffic dengan membuat artikel. Ini merupakan fase pertama, building traffic, gain visitor. Dia merasa memerlukan informasi lebih tentang Batam, dan begitulah, dia menemukan enjoybatam.com dan menghubungi saya.

Awal mula kenal

Melihat tujuan positifnya untuk memperkenalkan Batam melalui Singapura, saya mengiyakan dan topik pun ditentukan, dikirim melalui email dengan detail. Setelah itu berlanjut dengan brainstorming melalui telepon. Anaknya asyik, dari cara bicaranya terlihat bahwa dia ini smart dan banyak pengalaman. Belakangan juga baru tahu kalo umurnya masih 30 tahun, seumuran lah.

Setelah diskusi itu, saya pun mulai mengerjakan artikel pertama yang menurut saya paling mudah dan tanpa riset. Karena beberapa topik harus riset dulu demi mendapatkan fakta akurat. Di sinilah tantangan dimulai.

Singkat cerita, tulisan yang saya buat banyak direvisi pihak sana. Sedetail itu mereka melakukan koreksi dan meminta informasi lebih. Ribet, iya! Tapi jadi belajar banyak bahwa menulis itu bukan cuma ngetik kata demi kata membentuk kalimat. Tidak hanya itu! Ada fakta di dalamnya. Ada cara penyampaian, ada struktur.

Terus terang saya bukan tipe blogger seperti itu. Masih kemaren sore kak. Pengalaman masih di ujung kuku. Bahkan tulisan artikel ini pun masih berantakan strukturnya. Tapi itulah proses pembelajaran, bisa dari mana saja. Dan bekerja dengan client ini, merupakan pengalaman berharga. Menjadi pecut dan dipecut.

Sekilas tentang proyek portal pariwisata

Sedikit cerita tentang proyek portal pariwisata tentang Batam yang sedang dikerjakan. Ternyata berdasarkan data yang dimiliki oleh perusahaan sana, kunjungan turis ke Batam melalui Singapura cenderung menurun di tahun ini. Dan itu berdampak kepada perusahaan ini. Oleh karena itu, digagaslah proyek portal pariwisata untuk mengenalkan Batam melalui Singapura.

Melalui Shihan, dana yang dikeluarkan untuk development portal ini tidak main-main lho. Kurang jelas apakah saya mendengar billion atau million dolar, karena Theme Sport Bar tempat kami nongkrong memang bising. Tapi tetap saja billion atau million dolar itu nol-nya banyak!

Lalu, kenapa kunjungan turis ke Batam menurun?

Read More Post
1 of 27

Menurut dia, Singapura sekarang sedang menggagas penerbangan murah ke negara-negara tetangga, sehingga turis yang berkunjung ke Singapura pun lebih tertarik untuk mengunjungi negara-negara tersebut daripada ke Batam. Tapi bukan berarti kunjungan ke Indonesia menurun juga. Karena Singapura juga membuka penerbangan murah ke kota besar di Indonesia, seperti Bali dan Jakarta.

Jadi, sebenarnya tujuan membuat portal pariwisata ini awalnya didasari oleh bisnis. Tapi yang saya lihat adalah, Batam juga terkena dampak positifnya dari campaign ini. So yes, I’m joining in.

Brainstorming

Kedatangan Shihan ke Batam adalah untuk riset dan membuat artikel yang lebih komprehensif tentang Batam dengan data yang akurat. Di kesempatan ini lah, dia menghubungi saya dan mengajak saya bersama istri untuk bertemu tadi malam di bilangan Nagoya, tepatnya di Old Place yang lama dan berlanjut ke Theme Sport Bar.

Cerita demi cerita dan pengalaman pun bergulir. Dia ternyata seorang cyclist dan seorang yang gemar berolahraga. Dia bercerita bahwa dia pernah ikut Real Iron Man di Spanyol dan juga di Bintan. Selain itu, dia juga pernah bersepeda ke Thailand sejauh sekitar 1000 km (bener ngga sih ini?) selama 9 hari bersama suaminya.

Gile bener. Bayangin aja udah pingsan. Secara bolak-balik kolam renang Planet Holiday aja gue ngga sanggup!

Shihan mulai ngeblog dari tahun 2003, yang pada waktu itu saya cuma tahu kalo internet itu sebatas Yahoo, MiRC dan Friendster. Dia baru memutuskan untuk berhenti sebagai Sales di tahun ini, beberapa bulan lalu dan fokus untuk menulis, selain alasan lain karena lagi hamil.

Perbincangan menarik pun bergulir dari kami bertiga. Brainstorming tentang ide tulisan lain tentang Batam menjadi semakin menarik. Pertanyaan yang dia susun sebelumnya menjadi kerangka utama. Beberapa pertanyaan perlu riset lebih. Seru!

Mengunjungi konservasi bakau

Beberapa waktu lalu juga, melalui grup whatsapp Blogger Kepri, mas Bams memberitahu bahwa Sabtu ini, akan ada 2 blogger Singapura yang akan berkunjung ke konservasi bakau di Piayu. Dan saya tertarik untuk ikut, karena ingin tahu lebih tentang konservasi bakau sih sebenernya. Ceritanya, tertarik dengan yang berbau alam.

Dan ternyata 2 blogger yang dimaksud adalah Shihan dan 1 orang temannya yang ternyata juga dari WWF. Haha. Sempit sekali dunia ini.

Saking serunya cerita dan tukar pengalaman dengan blogger singapura ini, kami ngga ambil foto banyak. Tapi alasan sebenernya karena muka udah kucel sih, pulang kerja langsung cuss. Hahaha.

Nantikan cerita lain setelah Sabtu ini!

- Matched Content -

You might also like
3 Comments
  1. Dandy Siswandy says

    paling seneng memang ketemua dengan sesama blogger banyak cerita dan ilmu yang dibagikan

    1. Akut Wibowo says

      Bener banget mas, apalagi kalo visi dan misinya sama, dalam hal ini tentang pariwisata Batam.

  2. Fauzi says

    Wah tawaran yang menarik..itung itunug utk nambah relasi dan jam terbang…semoga sukses

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More