Tiba-tiba Teringat Tentang Mobil Pertama Gue, All New Corolla 1997

Mobil Pertama, All New Corolla
10

Gue ini orangnya usil. Ngga bisa liat barang biasa trus didiemin. “Barang ini harus diotak-atik nih!”, begitulah doktrin otak gue ketika melihat barang biasa dan standar, apalagi kalau barang yang baru beli, masih fresh dari pabrik, atau dari pemilik sebelumya, kalo beli seken! Hahaha. Ketahuan deh kalo suka koleksi barang BS, alias barang seken. Biarin, yang penting murah meriah mantap.

Keinginan untuk tampil beda menjadi alasan. Menjadi berbeda di antara ratusan atau bahkan ribuan barang yang sama kadang menjadi kebanggaan tersendiri. Memodifikasi itu suatu hasrat, juga untuk menyalurkan kreatifitas. Gue jadi teringat pengalaman gue waktu membeli mobil pertama gue dulu di tahun 2013, sebuah All New Corolla tahun 1997, mobil primadona di jamannya! Padahal waktu itu, kemampuan mengemudi pun belum sempurna.

Sambil belajar menyempurnakan kemampuan nyetir, tangan gue kok lama-lama jadi gatel. Gue ngerasa kok mobil sedan ini kurang greget tampilannya. Padahal menurut survey, All New Corolla ini sebenarnya modelnya masih tak ketinggalan oleh jaman, tak lekang oleh waktu. Singkatnya, masih keren!

Body luarnya masih sangat mulus, warna hijau gelap metaliknya masih mengkilat dibalut clear yang masih tebal, memberikan kesan basah. Bodynya masih kokoh dengan suara kalengnya yang empuk ketika diketok dengan palu jari. Kaca film warna hitam 60% membuatnya semakin gagah dan menawan. Lampu kristal yang disematkan di bagian depan membuatnya tampil makin modern.

Soal mesin pun masih halus dan bertenaga. Gue akui, mantan empunya memang sangat merawat dia. Dan gue beruntung bisa beli mobil ini, dengan harga yang lumayan murah di waktu itu.

Mulai usil, modif exterior!

Cuma dikit yang gue modif untuk bagian exterior mobil waktu itu. Gue cuma nge-wrap kap mobil dengan carbon sticker biar terkesan lebih sporty. Tapi sebenernya sih, alasan utama gue tutupin dengan sticker adalah karena kap mobil gue dicoret-coret sama anak tetangga. Hahaha.

Selanjutnya, biar makin macho, gue pasang spoiler belakang hasil tukar tambah dengan helm LTD gue yang lagi hits waktu itu. Rejeki banget kalo yang ini. Ada kawan punya spoiler yang ngga kepake punya bapaknya, jadi dia mau tukar sama helm yang tak seberapa itu. Hahaha. Biar ngga keluar ongkos banyak buat ngecat spoiler sesuai warna body, gue wrap sendiri aja pake sticker carbon yang sama dengan kap mobil depan. Biar makin ngirit, pemasangan pun gue lakuin sendiri pake double side tape 3M otomotive grade, jadi kuat banget nempel. Plus biar gampang nyopotnya misal udah bosen, ngga ngebolongin body juga.

Lanjut ke bagian kaki-kaki, velg standar 14 inch yang harusnya udah cihuy, gue ganti pake velg ring 17, yang lagi-lagi kebetulan waktu itu ada yang mau tukar tambah dengan velg 17. Nah, berhubung modif ngirit, kami pun tukar velg sendiri dengan alat seadanya di pinggir jalan. Biar pinter bongkar-bongkar mobil lah. Padahal biar ngga keluar biaya bengkel. Hahaha.

All New Corolla gue, tampak depan
All New Corolla gue, tampak depan dengan carbon sticker
All New Corolla gue, tampak belakang
All New Corolla gue, tampak belakang dengan tambahan spoiler ala carbon
Read More Post
1 of 24
All New Corolla gue, tampak samping
All New Corolla gue (dulu), tampak samping dengan velg 17

Masih belum puas dengan itu, sebagai pemanis, gue pasang deh DRL (Daytime Running Light) yang lagi ngetren waktu itu. Lagi-lagi pasang sendiri dengan cara jumper lampu utama. Memang jadi ngga kaya DRL yang harusnya langsung nyala begitu kunci ON. But trust me, kalo bikin sendiri tapi nggga tau elektrikal itu ribet dan bahaya! Maka jadilah gue akalin manual dengan ngejumper lampu utama trus sambung pake switch lalu tempel di dashboard.

Udah macho, trendy dan sporty, tapi tangan masih gatel buat dandanin All New Corolla ini! Alhasil, gue beli deh custom grill TRD jauh-jauh dari Bandung biar si tampan ini makin manis. Kalo yang ini sih gampang masangnya, tinggal plug n play. Terakhir, gue ceperin body bahenolnya sampe mau nyungsep ke tanah. Biar makin sporty gitu. Tapi sayang foto pas ceper udah ilang entah ke mana.

All New Corolla gue, tampak depan
All New Corolla gue (dulu), tampak depan dengan custom grill TRD dan DRL

Masuk ke interior All New Corolla!

Modif mobil memang ngga ada habisnya. Siap itu, pengen ini. Hawa nafsu memang susah dikendalikan kadang-kadang. Ehehe. Seiring dengan modif exterior mobil, rasanya kok ngga adil kalo interior mobil ngga disentuh. Apalagi interior mobil kan sehari-hari kita tempatin, jadi harus dibikin nyaman. Alasan!

Tapi soal interior sih, gue ngga terlalu banyak ngabisin tenaga, karena sebagian besar dikerjakan orang lain. Yang gue kerjain di interior cuma penambahan LED di kolong mobil biar manis dan gampang kalo nyari barang jatuh pas malem. Trus speedometer juga gue ganti pake LED biru biar sedap dipandang dan nampak jelas di waktu malam.

Speedometer
Speedometer

Bagian yang dikerjain orang adalah DVD double din yang gantiin posisi single din bawaan yang udah susah sinyal radio. Tapi berkat ganti di bengkel gue sekarang udah agak ngerti kalo buka dashboard dan sedikit troubleshoot masalah audio khusus mobil agak tua di bawah 2007. Karena yang baru sistemnya udah canggih wak.

Audio pun dibenerin dengan mengganti speaker biar lebih empuk suasana di dalem mobil ala lounge. Biar enak aja gitu. Haha. Jok mobil pun kena getahnya. Biar yang asli awet (alasan!) ditutuplah pake cover. Bagian lantai mobil lalu ditutup dengan karpet merah biar berasa mewah ala red carpet, secara harfiah sih memang karpet merah. Wakakak.

Mobil pertama memang penuh kenangan. Ntah kenapa tiba-tiba gue jadi teringet All New Corolla yang gue kasih nama “Coro” itu. Hehehe. Sekarang sepertinya dia bahagia dengan pemiliknya yang baru. Terakhir terlihat minggu lalu waktu papasan di bilangan Batuaji.

Masih tak berubah kamu dek.

- Matched Content -

You might also like
10 Comments
  1. agentasimportbatam says

    Pengen juga punya All new corola, besok mau check kondisi mobil, kira apa kekurangannya ya ?

    1. Akut Wibowo says

      Teliti aja om. Yang sering dijumpai sih AC berisik. Sama cek kaki-kaki je.

  2. luqman lala says

    karismatik, yang punya dan mobilnya 😀

    1. Akut Wibowo says

      Pastinya! Jangan diperjelas ah..
      Hihihi

  3. arreza mp says

    tinggal jejak

    aw

    1. Akut Wibowo says

      Tinggal jejak di blog kece gini mbayar mas ?

  4. Kang Mas Sugiarto says

    Seperti teringat sama mantan ya mas. haha

    1. Akut Wibowo says

      Untungnya mantan saya sekarang malah serumah.. Uhuy..

  5. sarah eyie says

    mas AW kebiasaan nya sama dengan kakak ku.. paling senang ngutak atik mobil, mungkin jiwanya lelaki begitu kali ya..gak sah kalo gak ngemodif kendaraannya…

    1. Akut Wibowo says

      Ngga mobil, ngga motor, ngga hp.. pasti tangan ini gatel buat utak atik. Begitulah cowo kak..

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More