Kegiatan Pertamina Bersihkan Pantai dalam Rangka HUT Ke-59

Doa bersama sebelum kegiatan Pertamina Bersihkan Pantai dimulai
1

Hari masih pagi ketika saya dan istri sampai di Pelabuhan Punggur untuk mengikuti kegiatan Bersih Pantai dalam rangka HUT Pertamina ke-59. Terpisah, rombongan dari media dan staff Pertamina berangkat melalui pelabuhan Pertamina Kabil. Tepat pukul 6.30, speedboat yang kami tumpangi berangkat menuju Tanjung Uban, tempat diadakannya kegiatan Pertamina Bersihkan Pantai, tepatnya di Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban Utara, Bintan.

Kegiatan serupa juga digelar serentak di empat daerah lain di Indonesia, yaitu di Kampung Atas Air, Balikpapan, Kalimantan Timur; Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah; Pantai Mutiara Hijau, Balongan, Jawa Barat; dan Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi Jawa Timur.

Pantai Kampung Bugis dan keempat daerah tersebut masih berada di sekitar kawasan operasional PT Pertamina (Persero). Program “Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai” ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina (Persero) terhadap lingkungan sekitar. Terlebih karena di Bintan, terdapat 2 depot operasional Pertamina yang termasuk depot terbesar di Indonesia.

Butuh waktu sekitar 15 menit untuk menyeberang dari Batam menuju Tanjung Uban menggunakan speedboat. Saya bertemu dan bergabung dengan rombongan media dan staff Pertamina dari Batam di Pelabuhan Tanjung Uban, dan bergerak menuju lokasi menggunakan bus dan beberapa kendaraan pribadi.

Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan Pertamina Bersihkan Pantai

Sesampainya di lokasi, saya melihat antusiasme masyarakat sekitar yang luar biasa. Pantai Kampung Bugis yang menjadi pusat kegiatan Pertamina Bersihkan Pantai sudah dipadati oleh masyarakat sekitar dan peserta dari Pertamina dan Harian Kompas.

Tak menunggu lama, saya pun ikut bergabung ke depan panggung untuk senam Maumere bersama. MC yang interaktif dan enerjik membuat suasana pagi itu begitu hidup dan bersemangat.

Setelah senam massal dan beberapa games interaktif oleh duo MC, acara lalu dibuka dengan Tarian Sekapur Sirih khas Melayu yang merupakan tarian selamat datang kepada tamu-tamu besar. Hadir di HUT Pertamina ke-59 hari itu di Tanjung Uban adalah Direktur Keuangan dan Strategi Perusahaan PT Pertamina, Bapak Arief Budiman; Wakil Pimpinan Redaksi Harian Kompas, Ibu Ninu Mardiana dan Sekda Bintan Bapak M. Akib Rachim.

Selain pembersihan pantai dan penanaman bibit pohon ketapang di sepanjang pesisir Pantai Kampung Bugis, PT Pertamina (Persero) juga memberikan beberapa bantuan CSR, seperti bantuan kepada 59 anak yatim, bantuan alat sekolah, pengelolaan sampah, taman baca dan rumah baca. Bantuan dilakukan secara seremonial di atas panggung.

Seremoni kegiatan ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pemukulan gong oleh Direktur Keuangan dan Strategi Perusahaan PT Pertamina (Persero), Bapak Arief Budiman sekitar pukul 10 pagi. Ratusan warga pesisir pantai, sejumlah pejabat Pengkab Bintan, FKPD dan peserta dari PT Pertamina dan Harian Kompas segera menuju ke pantai untuk melaksanakan kegiatan.

Pantai sepanjang sekitar 100 meter itu penuh oleh peserta aksi yang sangat bersemangat dan penuh energi. Seluruh peserta gotong royong dan bahu-membahu dalam kegiatan Pertamina Bersihkan Pantai tersebut. Dalam 30 menit saja, Pantai Kampung Bugis menjadi bersih, pasir putih membentang indah sepanjang garis pantai.

Read More Post
1 of 26

Semua sampah sudah berpindah ke kantong plastik besar yang telah disediakan. Keindahan asli Pantai Kampung Bugis menjadi terlihat dan semakin mempesona. Anak-anak yang tadinya ikut kegiatan Pertamina Bersihkan Pantai pun bermain-main di pantai.

Rangkaian kegiatan Pertamina Bersihkan Pantai dan penanaman pohon
Rangkaian kegiatan Pertamina Bersihkan Pantai dan penanaman pohon
Sebelum dan sesudah kegiatan Pertamina Bersihkan Pantai
Sebelum dan sesudah kegiatan Pertamina Bersihkan Pantai

Kegiatan lain selain bersih pantai

Usai melakukan bersih pantai, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon ketapang di sepanjang pesisir pantai. Seremoni penanaman bibit pohon ketapang dimulai oleh Bapak Arief Budiman selaku Direktur Keuangan dan Strategi Perusahaan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan tak berhenti sampai di situ. Selepas melaksanakan penanaman pohon ketapang, para peserta aksi mengunjungi pameran kerajinan lokal yang digelar tak jauh dari lokasi pembersihan pantai. Berbagai macam kerajinan masyarakat setempat dipamerkan di booth-booth yang telah disediakan oleh panitia.

Di hari yang sama, Pertamina juga mengadakan pengobatan massal secara gratis. Pengobatan massal ini diadakan di belakang Kantor Lurah Tanjung Uban Utara. Empat dokter dikerahkan untuk mendukung kegiatan pengobatan massal ini. Obat-obatan pun langsung tersedia di tempat, sehingga bagi yang membutuhkan obat dan tersedia di tempat, langsung dapat dibawa pulang.

Pada kesempatan ini juga, Gubernur Kepulauan Riau, Dr Nurdin Basirun turut hadir dan memberikan sambutan dan apresiasi kepada PT Pertamina (Persero) terhadap program Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai dalam hal pelestarian lingkungan.

Tak hanya memberikan sambutan, Gubernur Nurdin Basirun juga ikut meramaikan acara dengan bernyanyi dan mengajak warga untuk berdendang dan berjoget bersama di depan panggung. Ajakan itu disambut meriah oleh warga yang hadir dengan langsung membanjiri sekitar panggung dan berjoget bersama walau matahari sudah tinggi.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kedepannya masyarakat dapat melanjutkan semangat untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan menjaga kebersihan yang telah dibangun bersama dalam kegiatan HUT Pertamina ke-59 hari itu. Karena menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama.

Berikut ini adalah dokumentasi video kegiatan Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai dalam rangka HUT ke-59 PT Pertamina (Persero) tanggal 10 Desember 2016.

- Matched Content -

You might also like
1 Comment
  1. Ernawati Lilys says

    Semoga pertamina semakin sering mengadakan acara2 sosial seperti ini untuk lebih dekat dengan masyarakat yang tidak mampu, salut untuk PERTAMINA.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More