4 Tanda Seorang Blogger Mempunyai Passion yang Kuat

4 Tanda Seorang Blogger Mempunyai Passion yang Kuat
11

Blogging menjadi satu fenomena global dimana orang menggunakannya untuk menulis artikel pada blog dan membagikannya baik itu melalui sosial media atau situs bookmarking. Tapi, tak jarang juga kita melihat seorang blogger yang gagal di tengah jalan untuk membawa blog mereka ke level selanjutnya yang akan membuat mereka sukses.

Untuk menjadi seorang blogger yang sukses, kita harus mempunyai kebiasan-kebiasaan positif seorang blogger yang akan membawa kita ke next level. Di dua tulisan saya sebelumnya, kalo dicermati, saya selalu menyelipkan dan menekankan kata “Passion” di sana.

Kenapa Passion? Ada apa dengan Passion?

Buat saya, passion sangat penting dalam menjalani kehidupan. Dan dalam tulisan ini yang saya maksud adalah dunia blogging. Passion merupakan sebuah driving force atau motivasi yang mendorong kita, sebagai blogger untuk selalu maju ke depan, ke level selanjutnya.

Do it with passion. Illustration by louilouis.com
Do it with passion. Illustration by louilouis.com

Memulai sebuah blog memang penuh dengan tantangan, tekanan dan perlu kerja keras. Seperti pada fase kehidupan kita yang lain, “memulai” adalah salah satu fase paling berat. Setelah berhasil memulai, tantangan berikutnya adalah mempertahankan, yang bila kita berhenti dan terlena, kita juga akan gagal.

Mempertahankan merupakan sesuatu yang tidak mudah untuk dilakukan, mempertahankan dalam hal apapun itu. Perlu sebuah konsistensi dalam menjalankannya. Nah, untuk sebuah konsistensi, kita perlu motivasi. Dan agar kita memiliki motivasi yang kuat, kita harus melakukannya dengan passion. Passion merupakan faktor penting yang akan membantu kita maju ke depan tanpa memikirkan hal-hal lain yang akan mengalihkan perhatian, seperti rasa malas.

Ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa seorang blogger mempunyai passion yang kuat dalam dunia blogging. Dan saya akan menuangkannya dalam tulisan ini.

Tanda Tanda Seorang Blogger Mempunyai Passion yang Kuat

1. Selalu suka belajar hal baru

Berbicara sedikit tentang pengalaman saya ya. Pada saat saya mengenal dunia blogging dan website, saya tidak mengenal apa itu basic blogging, seperti SEO, blogging platform dan basic menulis. Saya belajar sambil jalan, termasuk belajar dari kegagalan. Di halaman about me, saya sempat menuliskan kegagalan-kegagalan di masa lalu yang membuat saya jadi belajar banyak hal dari kegagalan tersebut dan menjadi lebih baik.

Tanda seorang blogger mempunyai passion yang kuat - selalu belajar sesuatu yang baru
Tanda seorang blogger mempunyai passion yang kuat – selalu belajar sesuatu yang baru – Ilustrasi: hadsec.com

Saya selalu mencari referensi ke mana-mana setiap menemukan suatu permasalahan dan belajar untuk memperbaikinya. Referensi yang saya perlukan minimal 3 referensi untuk 1 topik sehingga data yang saya cari harus benar-benar valid sampai saya benar-benar bisa mengimplementasikannya dengan baik.

Read More Post
1 of 34

Tidak berbeda dengan dunia blogging, selalu belajar adalah kunci untuk berhasil. Dengan selalu belajar maka kita akan menemukan hal-hal baru yang akan membantu kita memiliki attitude yang positif dalam ber-blogging. Selain itu juga, kita akan terhindar dari ketinggalan, karena dunia blogging akan selalu berkembang dan tidak akan berhenti. Kalau kita berhenti belajar, kita sudah gagal.

2. Blogger tidak peduli dengan waktu

Seorang blogger, baik itu newbie atau senior akan menghabiskan banyak waktu dalam dunia blogging. Bahkan, seorang blogger senior akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk ngeblog daripada blogger baru. Mereka (senior blogger) menghabiskan waktu lebih banyak untuk belajar hal baru dan berbagi dengan pembaca mereka.

Tidur larut malam, sejenak meninggalkan kehidupan sosial di dunia nyata menjadi bagian dari kehidupan blogger ketika dia sedang meng-improve diri mereka di dunia blogging. Dan itulah dimana passion itu timbul.

3. Berada di dunia baru ketika ngeblog

Seorang blogger memang tidak peduli dengan waktu, bahkan mereka mempunyai dunia sendiri ketika memulai blogging. Kita mempunyai kehidupan nyata, dan kita juga mempunyai pasang surut kehidupan. Termasuk saya.

Blogging membuat waktu dan ruang sendiri
Blogging membuat waktu dan ruang sendiri

Tetapi ketika saya mulai ngeblog dan mulai menulis, saya langsung lupa dengan segala hal, ntah itu berbagai permasalahan dunia, atau bahkan pekerjaan (ini jangan ditiru! Hahaha..). It’s just fun! Menyenangkan menjadi bagian dari blogosphere dan berinteraksi dengan blogger lain.

Seorang blogger akan  merasa aneh kalau tidak ngeblog satu hari saja. Mereka akan terus ingin kembali dan berinteraksi dengan dunia blogging as soon as possible.

Singkat kata, mereka telah addicted dalam blogging. Blogging adalah passion mereka.

4. Uang bukan faktor utama

Saya tidak menyangkal bahwa uang adalah sebuah kebutuhan. Tetapi, ketika kita berbicara tentang blogging, uang bukanlah segalanya, bukan hal yang utama dan menjadi prioritas. Seperti saya paparkan dalam artikel sebelumnya, jangan jadikan uang sebagai tujuan blogging, karena eksistensinya tidak akan lama.

Instead, improve-lah kualitas diri sebagai seorang blogger dan jangan khawatir tentang uang. It will follow you for sure. Jika kita mempunyai passion yang kuat, uang tidak akan jadi kendala.

Jadi, apakah passionmu sudah kuat?

- Matched Content -

You might also like
11 Comments
  1. Deden Hendrayana says

    Ya benar, salah satu tanda orang bekerja karena passionnya (mengutip penemu talent mapping, Abah Rama) adalah bekerja dengan easy, enjoy, excellent dan baru kalau diasah terus lama-lama menghasilkan e-satunya lagi, yaitu earn… hehehe… Salam kenal mas…

    1. Akut Wibowo says

      Nah, itu dia..
      E yang terakhir pasti akan mengikuti dengan sendirinya!

      Salam kenal juga mas 🙂

  2. sarah eyie says

    belom punya passion….mood sering berubah rubah…:( lagi ada ide ya nulissss, lagi gak mood…ya udahlah..dipake buat tidur aja…hahahah

  3. Tikha says

    Dulu passion saya menulis fiksi. Lalu, kemudian beralih jadi blogger. Karen masih sama-sama menulis. Itu menyenangkan bagi saya.

    1. Akut Wibowo says

      Malah membuat postingannya menjadi lebih berwarna kan mb.

  4. Choty says

    Aku juga mood moodan, kayak sekarang padahal waktu luang banyak

    1. Akut Wibowo says

      Udah jarang update blognya ya?
      Butuh piknik cantik lebih banyak kayanya nih 😀

  5. Rina says

    Kalo saya mood moodan, kalo udah nggak mood susah nulisnya. My bad :”(

    1. Akut Wibowo says

      Normal lah itu kak Rina..

      Namanya juga ga mood..
      Hihihi

      Tinggal bagaimana kita mengatasinya.. 🙂

  6. Roy Vandi Tambun says

    Nomor 4 penuh godahan mas, jika ketika blogging dan menyadari kita dapat uang. uang dapat merubah segalanya 😀

    1. Akut Wibowo says

      Hehehe..
      Sempet terjadi pada saya.
      Dan ternyata mindset itu salah bang.

      Uang itu menjadi effect, bukan jadi cause 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More