Tips Turun Berat Badan dalam 40 Hari ala Batamliciouz

Batam Foodies Meetup
10

Tadi malam, hari Sabtu tanggal 30 Juli 2016, saya dan istri datang ke acara Batam Foodies Meetup ke-4 yang di-organize oleh Batam Ultimate Food Guide, the infamous foodies from Batam, BatamliciouzAcara diadakan di 96 Degree, cafe yang baru dibuka minggu lalu. Cafe ini cocok banget untuk nongkrong rame-rame sama kawan. Kenapa? Mereka menyediakan berbagai macam permainan untuk seru-seruan bareng temen, guys! UNO dan catur adalah salah satunya. I will write it on my next article.

Acara dimulai jam 5 sore dan mulai agak sepi pas jam 7 malam. Lewat jam 7 malam satu per satu foodies mulai meninggalkan cafe. Kami masih mengobrol dengan teman semeja kami, sharing apapun tentang food photography sampai ke topik yang masih saja hot saat ini, Karin. Sebenernya saya ga terlalu tertarik dengan topik Karin, tapi berhubung saya juga tau tentang Karin –thanks to WA grup Blogger Kepri– saya jadi ikut nimbrung. Hedeh.

Tak berapa lama, Chandra, the owner of Batamliciouz, comes to our table and we start to talk about many things. He is so humble and friendly. He meet and talk all of the people who comes, regardless its new faces or the old ones. Anyway, this is our first time also to join this meetup.

Satu hal yang menarik perhatian saya dan beberapa teman foodies satu meja saya adalah, oom Chandra ini, walaupun suka makan –jelas banget, hari-hari update makanan enak mulu– tapi body-nya masih segitu-gitu aja, beda jauh sama gue. Dan yang agak mengejutkan, ternyata oom Chandra ini jarang olahraga. Meleset deh perkiraan gue. Terbukti memang otot oom Chandra ga terlalu kencang. Hahaha.

Chandra is the one wearing black shirt, my wife is in front of him. And I'm the one who take the photo.
Chandra is the one wearing black shirt, my wife is in front of him. And I’m the one who take the photo.

So, here it goes. We are totally want to know the secret. You too, right? Don’t you? If not, why you open this page? #eaaa

Turun berat badan dalam 40 hari? Atur pola makan!

There are no secret! But there are tips. He started to share his ultimate tips.

100x push up, 100x sit-ups, 100 squats, and 10 km running, every single days! Err… Wait, wrong tips. That was from Saitama guy. Ini khusus untuk kamu yang pengen jadi superhero.

Saitama, turun berat badan dalam 40 hari
Saitama – One Punch Man

Tips sebenarnya untuk turun berat badan dalam 40 hari dari oom Chandra adalah dengan mengatur pola makan selama 40 hari. Nah, selama 40 hari tersebut dibagi menjadi 4 tahapan. Setiap tahap mempunyai rentang waktu selama 10 hari. Dan tingkat “kesulitan” tiap tahap akan semakin tinggi. Tapi nanti setelah 40 hari, kita bisa jadi lebih tahan dalam mengatur pola makan, kata oom Chandra.

Dan oom Chandra, berhasil menurunkan berat badan sebanyak 9 kg! That’s quite a number! *lalu lihat perut*. Setelah melakukan aktivitas itupun, dia jadi lebih tahan dalam menjaga pola makan dan bentuk tubuh. Terbukti kan, oom ultimate foodies ini tampak bugar dan segar tanpa lemak berarti walau selalu makan dan update makanan enak tiap hari di Instagram *lihat perut lagi*.

First 10 days: no meat and friends

10 hari pertama masih enteng. Tipsnya adalah, jangan makan daging dan turunannya, apapun yang berbau hewani. Kalo ini mah masih acceptable buat saya. Masih bisa lah dilakukan. Enteng nih sepertinya. Hahaha.

Read More Post
1 of 6

Selain itu, atur juga pola makan. Contohnya, sarapan lebih dianjurkan dengan makan buah dan jus, atau infuse water juga oke. Waktu makan jangan terlalu kenyang. Secukupnya saja. Ingat adab makan dan minum ala Nabi Muhammad SAW, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara/nafas.

Khusus untuk makan malam, usahakan makan malam pada waktu 4 jam sebelum tidur.

2nd 10 days: 1 portion a day, still no meat

10 hari pertama, mulai mengurangi porsi makan. Syarat masih sama, melanjutkan 10 hari sebelumnya, yaitu tanpa daging dkk. Mulai terlihat effort yang harus dijalankan untuk ini. Tahap kedua ini untuk mulai membiasakan perut dengan kondisi minimal.

Lambung kita kan elastis. Bentuk lambung akan mengikuti apa yang kita masukkan ke dalamnya. Semakin banyak kita mengisi perut, maka perut juga akan semakin berkembang. Begitu juga sebaliknya, ketika kita membatasi apa yang kita makan, maka lambung juga akan ikut beradaptasi.

3rd 10 days: 1 portion for 2 days!

Nah, mulai deh tanda-tanda menyerah sebelum memulai. Dengernya aja udah merinding. Masih melanjutkan tanpa hewani dan kawan-kawan, di 10 hari ketiga ini, porsi makan dipangkas hingga 150%, menjadi 1 porsi untuk 2 hari.

Ingat, porsi di sini maksudnya hanya untuk makan besar. Minum dan sebagainya masih boleh seperti biasa. Namun lebih baik bila minum-minuman yang sehat juga.

Last 10 days: the ultimate challenge, LIQUID ONLY!

Nah, akhirnya sampai di 10 hari terakhir yang merupakan tantangan terberat dari 30 hari sebelumnya. Di 10 hari terakhir ini, kita hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi liquid atau cairan. Cairan di sini bukan hanya berbicara dengan air dan air. Intinya adalah, tidak ada makanan padat yang masuk ke lambung.

Jadi, misal sayud diblender, atau tomat dijus, itu boleh. Selama tidak ada aktifitas mengunyah. Semua hanya berbentuk cairan. Tapi jangan juga nge-blender nasi.

Fungsinya adalah untuk detoksifikasi tubuh, untuk mengurangi kadar racun, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin (Wikipedia).


Nah, itu dia tips singkat untuk turun berat badan dalam 40 hari ala oom Chandra Batamliciouz. Singkat memang, tetapi menantang untuk dilakukan. Kuncinya adalah mindset dan konsisten. Hasil yang didapat pun akan sangat positif untuk tubuh kita. Apalagi jika kita konsisten menjaga pola makan dan ditambah dengan olahraga, maka tubuh pun akan lebih sehat dan bugar.

Menurut Chandra, setelah melakukan aktifitas selama 40 hari itu, kita akan jadi lebih bisa menjaga pola dan nafsu makan. And now, how about you? Ready to start?

- Matched Content -

You might also like
10 Comments
  1. Akses Wisata says

    Dibaca biasa aja tapi tiba praktek nahan gak makan ini yang gak bisa, biasa perut Indonesia banget gak masuk nasi gak makan

  2. Jike Hariyaningsih says

    misal sayud diblender,
    typo sayang, edit dulu :*

  3. ahmadi sultan says

    Saya sering makan tapi dikit, jadi gak pernah gemuk 🙂

    1. Akut Wibowo says

      Saya seringnya kebablasan 😀

  4. HM Zwan says

    wah,boleh juga nih tipsnya..catettttt^^

    1. Akut Wibowo says

      Mau terima tantangannya om? Hihihi

  5. Chaycya says

    How about you?? Ready to start? Cukup menantang yah challengenya.. Haha

    Waaah ketemu ama ko Chandrana.. :))

    1. Akut Wibowo says

      Kalo saya, masih pikir-pikir dulu.. Wahahaha..
      Iya semalam ketemu, banyak yang dishare, yang harusnya balik jam 7, malah molor sampe jam 9 ?

      Kapan lagi dapet coaching gratis..
      Hehehe

  6. www.jalanrina.com says

    9 kilo? Wwooow, boleh juga tuh, btw daging udh jarang mah saya, kalo menurutku karbohidrat juga ngaruh banget. Dan goreng2an

    1. Akut Wibowo says

      Iya kak, karbo juga ngaruh, makanya harus pintar mengatur pola makannya. Jadi kebutuhan karbo pun sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More