Tips: Cara Memindah Google Contacts ke iCloud untuk Apple Device

Cara memindah Google Contacts ke iCloud
0

Setelah bertahun-tahun menggunakan smartphone Android, akhirnya di bulan ini saya mengganti smartphone saya dengan smartphone berlogo apel yang dimakan seseorang. Sebuah iPhone, tepatnya iPhone 5. Alasannya sederhana, mencoba hal baru. Sebelumnya saya sudah membelikan sebuah iPhone 5 untuk istri saya. Melihat pengoperasiannya yang simpel dan beberapa kelebihan lainnya, akhirnya saya ikut beralih.

Sebagai pengguna baru dengan platform yang berbeda, tentu banyak penyesuaian yang terjadi. Salah satu yang vital menurut saya adalah kontak. Sekian lama semua kontak saya simpan di Google Contacts, ngga mungkin saya pindah satu-satu, adek lelah bang! Tapi saya yakin lah, teknologi ngga merepotkan pengguna. Berbekal pencarian dengan mbah sakti Google, saya pun mencari bagaimana cara memindah Google Contacts ke iCloud.

Dan, ternyata sangat mudah! Hanya mengandalkan fitur export – import, yang tentunya dengan format yang compatible dengan iCloud. Lima menit jadi, bisa ditunggu. Hahaha.

Buat kamu yang mungkin lagi nyari-nyari informasi tentang ini, saya share aja nih gimana cara memindah Google Contacts ke iCloud untuk Apple Device kamu!

Step by step cara memindah Google Contacts ke iCloud

1. Buka akun Gmail kamu dan pilih Contacts yang ada di menu sidebar sebelah kiri paling atas. Klik.

Buka Google Contacts
Buka Google Contacts

2. Pastikan kamu memakai old Google Contacts, kalau ternyata kamu sudah memakai Google Contacts yang baru, switch dulu ke model lama. Ini karena fitur export – import belum bisa dilakukan di Google Contacts yang baru.

Read More Post
1 of 4

3. Di old Google Contacts, pilih menu export.

Pilih menu export
Pilih menu export

4. Setelah menu export terbuka, pilih format vCard agar compatible dengan iCloud contacts, lalu klik tombol biru bertuliskan Export. Dan contact kamu akan ter-download ke komputer.

Pilih vCard format supaya compatible dengan iCloud
Pilih vCard format supaya compatible dengan iCloud

5. Sekarang inti dari cara memindah Google Contacts ke iCloud. Buka icloud.com dan login dengan akun iCloud kamu. Klik icon Contacts yang muncul. Di menu Contacts, klik icon gear di sebelah kiri bawah. Pilih import vCard.

Klik icon gear di bagian kiri bawah dan klik import
Klik icon gear di bagian kiri bawah dan klik import

6. Setelah terbuka window baru, pilih file contact yang sudah di-download tadi, dan selanjutnya proses import akan berjalan. Tunggu saja.

Voila! Semua kontak kamu yang tersimpan di Google Contacts telah berpindah ke iCloud. Ternyata cara memindah Google Contacts ke iCloud itu sangat mudah. Dan setelah saya spot check, ngga ada perbedaan format, semuanya rapi, nggak berantakan. Jadi ngga perlu dilakukan penyesuaian lagi. Cheers!

- Matched Content -

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More