Manfaat Sehat Kunyit Atasi Radang Tenggorokan

Kunyit ternyata juga bagus untuk mengatasi radang tenggorokan

photo credit: pixabay.com
0

Biasa digunakan untuk memberi warna kuning pada makanan, kunyit ternyata juga bagus untuk mengatasi radang tenggorokan.

Kunyit adalah tanaman herba berimpang yang masuk dalam keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae).

Di Indonesia, salah satu pemanfaatannya yang paling sering adalah sebagai pewarna kuning dalam masakan, seperti nasi kuning atau gulai.

Namun jangan salah, ternyata kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi radang tenggorokan, lo!

Ampuh atasi peradangan

Selain sebagai bumbu masakan, tanaman yang punya nama Latin Curcuma longa itu memang cukup ampuh untuk mengatasi peradangan. Dijelaskan dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, salah satu kandungan yang ampuh dari kunyit adalah kurkumin.

Kurkumin, kata dia, adalah zat aktif yang memiliki antioksidan kuat. Sebagaimana diketahui, antioksidan bertugas melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

“Keuntungan kunyit yang sudah teruji adalah sebagai antibakteri, anti-peradangan, anti-tumor, antiseptik, dan sebagainya. Manfaat ini dapat dicapai melalui konsumsi dalam bentuk makanan dengan dosis yang rendah dalam jangka waktu yang lama,” ungkap dr. Kartika.

Pemanfaatan kunyit untuk radang tenggorokan

Tak selalu dengan obat, Anda pun bisa memanfaatkan kunyit untuk meredakan radang tenggorokan. Anda dapat membuat kunyit sebagai minuman yang lazim disebut teh kunyit.

Bila Anda menggunakan akar kunyit segar, masukkan akar kunyit ke dalam panci bersama 4 gelas air dan didihkan. Biarkan mendidih setidaknya selama 20 menit. Untuk bubuk kunyit, tambahkan bubuk setelah air mendidih dan didihkan selama 15 menit.

Read More Post
1 of 24

Selanjutnya, saring airnya. Anda dapat menambahkan lemon dan madu secukupnya. Anda juga bisa menambahkan sedikit jahe segar saat air mendidih untuk menambah rasa. Itu bisa Anda minum yang membantu peradangan Anda di sekitar tenggorokan.

Tak hanya kunyit, sebenarnya masih banyak bahan alami lainnya yang bisa Anda jadikan pereda radang tenggorokan. Berikut beberapa diantaranya:

Jahe

Jahe
Jahe. Photo by Pixabay.

Siapa yang belum pernah mendengar jahe sebagai bahan alami pereda radang tenggorokan? Bersama kencur dan kunyit, jahe memiliki efek anti-peradangan. Ketiganya dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul ketika terjadi peradangan pada tenggorokan.

Kencur

Tanaman yang memiliki nama Latin Curcuma zedoaria ini juga memiliki efek anti-peradangan yang dapat mengurangi rasa nyeri tenggorokan.

Ginseng

Ginseng
Ginseng. Photo by Pixabay.

Konsumsi ginseng dapat menurunkan gejala influenza dan radang tenggorokan. Selain bisa meredakan radang tenggorokan, konsumsi ginseng juga baik untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap fit.

Kini Anda dapat mulai menggunakan kunyit untuk mengatasi radang tenggorokan. Akan tetapi, imbangi juga dengan istirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi ya. Kombinasi ketiganya akan mempercepat proses pemulihan Anda. Jadi, Anda tertarik menggunakan kunyit?

- Matched Content -

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More