Maksimal Iklan Adsense yang Boleh Ditayangkan dalam 1 Halaman

Joint Venture Adsense
7

Seperti yang kita tahu bahwa Adsense merupakan ad-network terbaik dan terpercaya hingga saat ini. Alasannya tidak lain karena Adsense sendiri dimiliki oleh raksasa internet, Google. Banyak juga lho, blogger yang menggunakan Adsense sebagai sumber penghasilan mereka. Bahkan, sebagian blogger yang baru belajar pun bisa jadi menargetkan Adsense sebagai tujuan utama mereka.

Menurut saya, blogger-blogger baru sekarang ini terlalu terburu-buru ingin cepat menghasilkan uang. Yang pada akhirnya nanti malah mendapatkan kegagalan karena tidak sabar. Bahkan saking ngototnya, tak jarang mereka menggunakan jalan pintas dengan membeli account Adsense dari pihak ketiga.

Seakan-akan ingin melewati proses, dan langsung ingin sukses. OK, skip. Intermezzo saja.

Seperti yang kita ketahui bahwa, Adsense memiliki peraturan yang ketat. Untuk pendaftaran saja, persyaratannya tidaklah mudah. Banyak teman-teman blogger yang terlalu sering menerima penolakan dari Adsense. Saking seringnya sampai kebal.

Selain approval-nya yang susah, peraturan setelah account di-approve pun sangat ketat. Sedikit pelanggaran terendus oleh Adsense, siap-siap banned. Maka dari itu, belajarlah. Pahami terms of service dari Adsense. Tidak perlu main Blackhat atau apapun itu. Selow aja gan.

Maksimal iklan Adsense yang boleh ditayangkan dalam 1 halaman
Maksimal iklan Adsense yang boleh ditayangkan dalam 1 halaman

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para publisher Adsense adalah, berapa sih, maksimal iklan Adsense yang boleh ditayangkan dalam 1 halaman? Ada yang menjawab 3, ada yang menjawab 5 dan ada yang menjawab 8! Mana yang betul?

3 Jenis Iklan Adsense

Sebelumnya, kita kenali dulu jenis-jenis iklan yang dimiliki oleh Adsense. Ada 3 jenis iklan yang dikategorikan sebagai berikut:

  • AdSense content unit
  • AdSense link unit
  • AdSense for search

Jadi apa hubungannya dengan maksimal iklan Adsense yang boleh ditayangkan dalam 1 halaman? Begini jawabnya…

Maksimal iklan Adsense yang boleh ditayangkan dalam 1 halaman adalah 8 unit!

Nggak salah tuh om?

Read More Post
1 of 10

Sama sekali nggak salah. Selama ini, yang umum diketahui orang adalah 3 unit Adsense dalam 1 halaman, namun, dalam Adsense Policy sudah jelas disebutkan bahwa Publisher boleh memasukkan 8 unit maksimal iklan Adsense yang boleh ditayangkan dalam 1 halaman. Penjabarannya adalah sebagai berikut.

AdSense content unit

Content unit adalah semua jenis iklan yang menggunakan rich media seperti gambar dan flash, termasuk teks dengan ukuran sebagai berikut: 728*90, 468*60, 234*60, 125*125, 120*600, 160*600, 180*150, 120*240, 200*200, 250*250, 300*250, 336*280.

Maksimal Adsense content unit adalah 3 unit per halaman. Menurut pengalaman saya, iklan berukuran 336*280, 160*600 dan 300*600 sangat efektif.

Untuk catatan, walaupun kita mempunyai beberapa Publisher ID, tetapi total iklan yang harus ditayangkan tetap maksimal 3 unit. Jadi peraturan ini bukanlah ditetapkan per Publisher ID, tapi per halaman. Ini juga merupakan kesalahan yang lazim karena belum paham sepenuhnya tentang Adsense Policy.

AdSense link unit

Contoh Adsense link unit ada di sini. Link unit akan sangat berguna apabila tampilannya disetting sesuai dengan theme blog kita. Contohnya di blog saya ini. Link unit saya saya set dengan warna merah, sesuai dengan hyperlink saya yang berwarna merah, jadi iklan Adsense seakan menyatu dengan artikel.

Maksimal link unit untuk 1 halaman adalah 3 unit!

AdSense for search

Yang terakhir adalah Adsense for search. Maksimal pemasangan Adsense for search adalah 2 unit. Adsense for search akan sangat berguna apabila dipasang di website dengan jumlah artikel yang banyak, yang akan merangsang pembaca untuk menggunakannya.

Tapi, walaupun maksimal iklan Adsense yang boleh ditayangkan dalam 1 halaman adalah 8 unit, kita tetap harus selalu memonitor keefektifitasan iklan yang tayang di blog atau website kita. Eksperimen akan sangat membantu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaatkan laporan Adsense yang ada di dashboard, lihat mana iklan dan penempatan yang efektif, dan lain sebagainya. Jangan pernah berhenti belajar dan bereksperimen!

Belum punya account Adsense? Atau sedang proses? Bosen ditolak? Kerjasama saja dengan saya. Lihat detailnya di Joint Venture Adsense!

- Matched Content -

You might also like
7 Comments
  1. Rumahku says

    Terima kasih penjelasannya mas wibowo, karena setahu saya batas maksimal 3 unit saja,,,

  2. ahmadisultan says

    iya syaratnya ketat ya. melanggar dibanned

    1. Akut Wibowo says

      Adsense memang ketat karena itu lah dia menjadi yang paling dipercaya baik itu oleh Advertiser atau Publisher.

  3. Andhika says

    Wahh trnyta 1 hlamn boleh dipasang 8 unit iklan…bisa cpt untung nih…hhehe

    1. Akut Wibowo says

      Perhatikan jenis iklannya juga..

  4. Akses Wisata says

    haha kirain 1 . adoh doh saya kiran 1 per page. belum lihat isi web nya saya

    1. Akut Wibowo says

      1 apa bang?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More