Ketahui Gejala Diare Pada Bayi Agar Tidak Terlambat Memberikan Pertolongan

photo: pixabay.com
0

Zinc termasuk salah satu senyawa penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, biasanya ketercukupan zinc dalam tubuh ini bisa didapatkan dari konsumsi produk makanan sehari-hari.

Jika masih tidak mencukupi maka jangan khawatir, karena kenyataannya ada banyak sekali suplemen zinc ini yang dijual di pasaran. Sehingga tinggal mengkonsumsinya saja sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Bahkan pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare ini juga harus diketahui.

Diare termasuk dalam jenis penyakit yang bisa menyerang siapa saja, namun paling rentan memang menyerang bayi dan juga anak-anak. Menurut catatan dari WHO sendiri angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini pada bayi dan anak-anak juga relatif sangat tinggi.

Read More Post
1 of 24

Sehingga harus diwaspadai ketika buah hati Anda sudah mulai terserang diare, kenali beberapa tanda-tandanya berikut ini, yaitu:

  1. Buang air besar berkali-kali, bahkan dalam sehari biasanya mereka bisa BAB lebih dari 3 kali. Tentunya harus diwaspadai.
  2. Feses tidak normal, feses yang dikeluarkan pada penderota diare ini tidak padat, melainkan lebih kepada cair bahkan disertai dengan adanya lendir dan sangat berbau.
  3. Buah hati menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, diantaranya adalah bagian ubun-ubunnya sudah mulai cekung, mata mereka kering meskipun sedang menangis, mata cekung hingga bagian mulut yang jadi sangat kering.
  4. Demam tinggi, jika kondisinya sudah sangat berat, maka sering kali bayi juga akan mengalami peningkatan suhu tubuh atau demam ini.
  5. Fesesnya mengandung darah, dalam beberapa kondisi diare ini juga bisa berdampak lebih fatal, diantaranya karena feses sudah mulai tidak normal bahkan keluar bersamaan dengan darah.
  6. Disertai dengan gejala mual dan juga muntah, jika diare tersebut disebabkan oleh bakteri yang sifatnya parasit. Biasanya akan menyebabkan muntaber, yaitu diare yang disertai dengan muntah-muntah.

Diantara bentuk pertolongannya bisa dengan memberikan banyak minum pada mereka, pemberian oralit dan juga suplemen zinc ini. jika gejala tak kunjung mereda maka segera bawa anak ke dokter. Temukan langkah pertolongan pertamanya lengkap di https://www.guesehat.com.

 

- Matched Content -

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More